Wahyono, Bagus (2012) Pemanfaatan Model Pembelajaran Kooperatif Teknik Student Teams Achievement Divisions (Stad) Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Narasi Pada Peserta Didik Kelas VII Di SMP Negeri 5 Surakarta Tahun Ajaran 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
03._Halaman_Depan.pdf Download (5MB) |
|
|
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf Download (46kB) |
|
PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (129kB) |
||
PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (210kB) |
||
PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (291kB) |
||
PDF (Bab V)
08._BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (328kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
09._Daftar_Pustaka.pdf Download (12kB) |
|
PDF (Lampiran)
10._Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
02._Naskah_Publikasi.pdf Download (5MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) mendeskripsikan pemanfaatan model pembelajaran kooperatif teknik STAD dalam meningkatkan kualitas proses pembelajaran menulis narasi pada peserta didik kelas VII SMP Negeri 5 Surakarta, (2) mengetahui pemanfaatan model pembelajaran kooperatif teknik STAD dalam meningkatkan kemampuan menulis narasi pada peserta didik kelas VII SMP Negeri 5 Surakarta. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Objek dalam penelitian ini adalah Pemanfaatan model pembelajaran kooperatif teknik student teams achievement divisions (STAD) untuk meningkatkan kemampuan menulis narasi pada peserta didik kelas VII di SMP Negeri 5 Surakarta Tahun ajaran 2011/2012. Data dalam penelitian ini berupa hasil dari pemanfaatan model STAD yang diterapkan pada peserta didik kelas VII di SMP Negeri 5 Surakarta. Sumber data dalam penelitian ini berupa sumber data primer dan sumber data sekunder. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik Tes, observasi, dokumentasi, wawancara. Berdasarkan analisis struktur dapat disimpulkan bahwa ada peningkatan kualitas proses pembelajaran menulis narasi pada siswa kelas VII SMP Negeri 5 Surakarta, ada peningkatan kemampuan menulis narasi pada siswa kelas VII SMP Negeri 5 Surakarta. Penelitian ini menggunakan teknik pembelajaran STAD dari siklus I sampai siklus II. Penerapan metode STAD dalam pembelajaran bahasa Indonesia dapat meningkatkan kemampuan menulis narasi. Penerapan metode STAD terbukti dapat meningkatkan kemampuan menulis narasi. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Maret sampai bulan April 2012. Peningkatan kemampuan menulis narasi dengan memanfaatkan model pembelajaran kooperatif teknik STAD pada peserta didik kelas VII SMP Negeri 5 Surakarta melalui 2 siklus yaitu siklus I dan siklus II mengalami peningkatan kualitas pembelajaran menulis narasi pada siklus I dan siklus II yang terbukti dengan tercapainya semua indikator pembelajaran yang telah direncanakan.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran Kooperatif, Teknik STAD, Kemampuan Menulis, Narasi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 13 Aug 2012 05:13 |
Last Modified: | 13 Aug 2012 05:14 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/19585 |
Actions (login required)
View Item |