Pemanfaatan Model Pembelajaran Kooperatif Teknik Student Teams Achievement Divisions (Stad) Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Narasi Pada Peserta Didik Kelas VII Di SMP Negeri 5 Surakarta Tahun Ajaran 2011/2012

Wahyono, Bagus (2012) Pemanfaatan Model Pembelajaran Kooperatif Teknik Student Teams Achievement Divisions (Stad) Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Narasi Pada Peserta Didik Kelas VII Di SMP Negeri 5 Surakarta Tahun Ajaran 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
03._Halaman_Depan.pdf

Download (5MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf

Download (46kB)
[img] PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (129kB)
[img] PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (210kB)
[img] PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (291kB)
[img] PDF (Bab V)
08._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (328kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
09._Daftar_Pustaka.pdf

Download (12kB)
[img] PDF (Lampiran)
10._Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
02._Naskah_Publikasi.pdf

Download (5MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) mendeskripsikan pemanfaatan model pembelajaran kooperatif teknik STAD dalam meningkatkan kualitas proses pembelajaran menulis narasi pada peserta didik kelas VII SMP Negeri 5 Surakarta, (2) mengetahui pemanfaatan model pembelajaran kooperatif teknik STAD dalam meningkatkan kemampuan menulis narasi pada peserta didik kelas VII SMP Negeri 5 Surakarta. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Objek dalam penelitian ini adalah Pemanfaatan model pembelajaran kooperatif teknik student teams achievement divisions (STAD) untuk meningkatkan kemampuan menulis narasi pada peserta didik kelas VII di SMP Negeri 5 Surakarta Tahun ajaran 2011/2012. Data dalam penelitian ini berupa hasil dari pemanfaatan model STAD yang diterapkan pada peserta didik kelas VII di SMP Negeri 5 Surakarta. Sumber data dalam penelitian ini berupa sumber data primer dan sumber data sekunder. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik Tes, observasi, dokumentasi, wawancara. Berdasarkan analisis struktur dapat disimpulkan bahwa ada peningkatan kualitas proses pembelajaran menulis narasi pada siswa kelas VII SMP Negeri 5 Surakarta, ada peningkatan kemampuan menulis narasi pada siswa kelas VII SMP Negeri 5 Surakarta. Penelitian ini menggunakan teknik pembelajaran STAD dari siklus I sampai siklus II. Penerapan metode STAD dalam pembelajaran bahasa Indonesia dapat meningkatkan kemampuan menulis narasi. Penerapan metode STAD terbukti dapat meningkatkan kemampuan menulis narasi. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Maret sampai bulan April 2012. Peningkatan kemampuan menulis narasi dengan memanfaatkan model pembelajaran kooperatif teknik STAD pada peserta didik kelas VII SMP Negeri 5 Surakarta melalui 2 siklus yaitu siklus I dan siklus II mengalami peningkatan kualitas pembelajaran menulis narasi pada siklus I dan siklus II yang terbukti dengan tercapainya semua indikator pembelajaran yang telah direncanakan.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Kooperatif, Teknik STAD, Kemampuan Menulis, Narasi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 13 Aug 2012 05:13
Last Modified: 13 Aug 2012 05:14
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/19585

Actions (login required)

View Item View Item