Peningkatan Kedisiplinan Dan Kemampuan Komunikasi Dalam Pembelajaran Matematika Melalui Strategi Aktif College Ball (PTK Siswa Kelas X Semester II di SMK Prawira Marta Kartasura)

Ristanto, Ristanto (2012) Peningkatan Kedisiplinan Dan Kemampuan Komunikasi Dalam Pembelajaran Matematika Melalui Strategi Aktif College Ball (PTK Siswa Kelas X Semester II di SMK Prawira Marta Kartasura). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (36kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (117kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (58kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (395kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (28kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (18kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
PUBLIKASI.pdf

Download (847kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji dan mendeskripsikan peningkatan kedisiplinan dan kemampuan komunikasi siswa dalam pembelajaran matematika melalui strategi aktif College Ball. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subyek penelitian yang dikenai tindakan adalah siswa kelas X SMK Prawira Marta Kartasura yang berjumlah 20 siswa, sedangkan obyek penelitian adalah kedisiplinan dan kemampuan komunikasi matematika. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, metode tes dan catatan lapangan. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan model alur. Validitas data menggunakan teknik triangulasi yaitu triangulasi sumber dan metode. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh: (1) Ada peningkatan kedisiplinan yang dapat dilihat dari meningkatnya indikator meliputi: a) taat pada aturan sebelum tindakan 15%, putaran I 50%, dan putaran II 75%, b) tepat waktu sebelum tindakan 20%, putaran I 65%, dan putaran II 85%, serta (2) Adanya peningkatan kemampuan komunikasi matematika yang dapat dilihat dari meningkatnya indikator meliputi: a) antusias berbicara sebelum tindakan 10%, putaran I 35%, dan putaran II 70%, b) antusias menulis sebelum tindakan 25%, putaran I 60%, dan putaran II 85%, c) kemampuan menggambar sebelum tindakan 15%, putaran I 45%, dan putaran II 75%, d) kemampuan menjelaskan konsepkonsep sebelum tindakan 10%, putaran I 35%, dan putaran II 70%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi aktif College Ball dalam pembelajaran matematika dapat meningkatkan kedisiplinan dan kemampuan komunikasi siswa.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: kedisiplinan, kemampuan komunikasi, college-bal
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mulyadi Mulyadi
Date Deposited: 11 Aug 2012 07:22
Last Modified: 11 Aug 2012 07:22
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/19582

Actions (login required)

View Item View Item