Implementasi Pendidikan Karakter Bangsa Di SMP Negeri 1 Sambi Boyolali Tahun Pelajaran 2011/2012

Khaulina Ulfa, Nour Mutia Linda (2012) Implementasi Pendidikan Karakter Bangsa Di SMP Negeri 1 Sambi Boyolali Tahun Pelajaran 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
03._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (540kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf

Download (102kB)
[img] PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (317kB)
[img] PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (200kB)
[img] PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Bab V)
08._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (113kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
09._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (106kB)
[img]
Preview
PDF (Lampiran)
10._LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
02._Naskah_Publikasi.pdf

Download (533kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk menggambarkan pelaksanaan, kendala, dan solusi pendidikan karakter bangsa di SMP Negeri 1 Sambi. Penelitian ini menggunakan sumber data primer dan sumber data sekunder. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Validitasnya menggunakan dua macam trianggulasi yaitu trianggulasi sumber data yang berupa informasi dari tempat, peristiwa dan dokumen yang memuat catatan yang berkaitan dengan data yang dimaksudkan dan trianggulasi teknik atau metode pengumpulan data dengan menggunakan hasil wawancara, observasi dan dokumen (Arsip). Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah model analisis interaktif yang meliputi pengumpulan data, reduksi data, sajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil pelaksanaan pendidikan karakter di SMP Negeri 1 Sambi tercermin pada nilai toleransi, demokrasi, bersahabat dan peduli sosial. Sedangkan nilai pendidikan karakter yang pencerminanya kurang diperhatikan antara lain religius, jujur, disiplin, kerja keras, kreatif, mandiri, rasa ingin tahu, cinta damai, gemar membaca, dan peduli lingkungan. Karakter-karakter tersebut diimplementasikan dalam buku pelajaran yang digunakan, dalam silabus, RPP, pembelajaran dalam kelas, interaksi siswa dengan siswa dan siswa dengan guru baik di dalam maupun di luar kelas. Implementasi pendidikan dalam buku wujudnya uraian materi, gambar, dan soal tugas.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan, Karakter, Pendidikan Karakter
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kewarganegaraan
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 11 Aug 2012 05:39
Last Modified: 11 Aug 2012 05:39
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/19578

Actions (login required)

View Item View Item