Khaulina Ulfa, Nour Mutia Linda (2012) Implementasi Pendidikan Karakter Bangsa Di SMP Negeri 1 Sambi Boyolali Tahun Pelajaran 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
03._HALAMAN_DEPAN.pdf Download (540kB) |
|
|
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf Download (102kB) |
|
PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (317kB) |
||
PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (200kB) |
||
PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
PDF (Bab V)
08._BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (113kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
09._DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (106kB) |
|
|
PDF (Lampiran)
10._LAMPIRAN.pdf Download (2MB) |
|
|
PDF (Naskah Publikasi)
02._Naskah_Publikasi.pdf Download (533kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk menggambarkan pelaksanaan, kendala, dan solusi pendidikan karakter bangsa di SMP Negeri 1 Sambi. Penelitian ini menggunakan sumber data primer dan sumber data sekunder. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Validitasnya menggunakan dua macam trianggulasi yaitu trianggulasi sumber data yang berupa informasi dari tempat, peristiwa dan dokumen yang memuat catatan yang berkaitan dengan data yang dimaksudkan dan trianggulasi teknik atau metode pengumpulan data dengan menggunakan hasil wawancara, observasi dan dokumen (Arsip). Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah model analisis interaktif yang meliputi pengumpulan data, reduksi data, sajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil pelaksanaan pendidikan karakter di SMP Negeri 1 Sambi tercermin pada nilai toleransi, demokrasi, bersahabat dan peduli sosial. Sedangkan nilai pendidikan karakter yang pencerminanya kurang diperhatikan antara lain religius, jujur, disiplin, kerja keras, kreatif, mandiri, rasa ingin tahu, cinta damai, gemar membaca, dan peduli lingkungan. Karakter-karakter tersebut diimplementasikan dalam buku pelajaran yang digunakan, dalam silabus, RPP, pembelajaran dalam kelas, interaksi siswa dengan siswa dan siswa dengan guru baik di dalam maupun di luar kelas. Implementasi pendidikan dalam buku wujudnya uraian materi, gambar, dan soal tugas.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pendidikan, Karakter, Pendidikan Karakter |
Subjects: | H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kewarganegaraan |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 11 Aug 2012 05:39 |
Last Modified: | 11 Aug 2012 05:39 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/19578 |
Actions (login required)
View Item |