Penerapan Strategi Pembelajaran Advisor Groupdalam Upaya Meningkatkan Keaktifan Dan Pemahaman Konsep Belajar Matematika ( Ptk Pembelajaran Matematika Di Kelas Vii Mts Muhammadiyah Tawangsari, Sukoharjo Tahun Ajaran 2011/2012 )

WINARSIH , TRI (2012) Penerapan Strategi Pembelajaran Advisor Groupdalam Upaya Meningkatkan Keaktifan Dan Pemahaman Konsep Belajar Matematika ( Ptk Pembelajaran Matematika Di Kelas Vii Mts Muhammadiyah Tawangsari, Sukoharjo Tahun Ajaran 2011/2012 ). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Hal depan)
HAL_depan.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (39kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (76kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (68kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (133kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (21kB)
[img]
Preview
PDF (Dapus)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (18kB)
[img] PDF (Lampiran)
lamp_belakang.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (686kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan keaktifandan pemahaman konsep belajar matematika melalui strategi pembelajaran Advisor Grouppada siswa MTs Kelas VII. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VII.B MTs Muhammadiyah Tawangsari yang berjumlah 20 orang. Data dikumpulkan melalui metode observasi, catatan lapangan, dan dokumentasi. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan secara kolaboratif antara kepala sekolah, guru, dan peneliti. Analisis data kualitatif dilakukan dengan metode alur yaitu data dianalisis sejak tindakan pembelajaran dilaksanakan dan dikembangkan selama proses pembelajaran. Hasil penelitian tindakan kelas : 1) Siswa yang mengajukan pertanyaan sebelum tindakan 25% di akhirtindakan meningkat menjadi 50%, 2) Siswa yang mengerjakan soal di depan kelas sebelum tindakan 15% di akhir tindakan meningkat menjadi 55%, 3) Siswa yang mempresentasikan hasil pekerjaan sebelum tindakan 30% di akhir tindakan meningkat menjadi 55%, 4) Siswa yang menyelesaikan soal dengan konsep yangbenar dan tepat sebelum tindakan 40% di akhir tindakan meningkat menjadi 60%. Dari hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa pembelajaran matematika dengan menerapkan strategi Advisor Group, keaktifan dan pemahaman konsep belajar siswa dapat meningkat.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: keaktifan, pemahaman - konsep, advisor group
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 13 not found.
Date Deposited: 10 Aug 2012 11:26
Last Modified: 10 Aug 2012 11:26
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/19574

Actions (login required)

View Item View Item