Susilo, Dwi Handoko (2012) Peningkatan Hasil Belajar IPS Dengan Metode Jigsaw Pada Siswa Kelas VII SMP Pancasila 5 Slogohimo Wonogiri Tahun Ajaran 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (558kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (357kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (447kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (451kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (627kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (627kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (99kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (375kB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (466kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar IPS Ekonomi siswa dengan metode Jigsaw pada siswa Kelas VII SMP Pancasila 5 Slogohimo Wonogiri Tahun Ajaran 2011/2012. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subyek penerima tindakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Pancasila 5 Slogohimo Wonogiri Tahun Ajaran 2011/2012 sebanyak 30 siswa yaitu 8 siswa laki-laki dan 22 siswa perempuan. Data dikumpulkan melalui metode observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data secara deskriptif kualitatif dengan model interaktif. Hasil penelitian adalah adanya peningkatan hasil belajar siswa. Hal ini dilihat dari banyaknya prosentase ketuntasan belajar siswa yang mendapat nilai lebih dari sama dengan 65 sebelum tindakan adalah 9 siswa (30%), putaran I sebesar 11 siswa (36,67%), putaran II sebesar 18 siswa (60%) dan pada putaran terakhir mencapai 28 siswa (93,33%). Serta adanya peningkatan nilai rata-rata kelas dari sebelum tindakan 54,67 menjadi 61,17 pada putaran I, meningkat menjadi 66,67 pada putaran II dan meningkat lagi menjadi 74,17 pada putaran terakhir. Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa penerapan metode Jigsaw dalam pembelajaran Ekonomi dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII SMP Pancasila 5 Slogohimo Wonogiri Tahun Ajaran 2011/2012
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode Jigsaw, Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Mulyadi Mulyadi |
Date Deposited: | 09 Aug 2012 09:48 |
Last Modified: | 09 Aug 2012 09:48 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/19559 |
Actions (login required)
View Item |