Peningkatan Hasil Belajar IPS Dengan Metode Jigsaw Pada Siswa Kelas VII SMP Pancasila 5 Slogohimo Wonogiri Tahun Ajaran 2011/2012

Susilo, Dwi Handoko (2012) Peningkatan Hasil Belajar IPS Dengan Metode Jigsaw Pada Siswa Kelas VII SMP Pancasila 5 Slogohimo Wonogiri Tahun Ajaran 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (558kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (357kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (447kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (451kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (627kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (627kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (99kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (375kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (466kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar IPS Ekonomi siswa dengan metode Jigsaw pada siswa Kelas VII SMP Pancasila 5 Slogohimo Wonogiri Tahun Ajaran 2011/2012. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subyek penerima tindakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Pancasila 5 Slogohimo Wonogiri Tahun Ajaran 2011/2012 sebanyak 30 siswa yaitu 8 siswa laki-laki dan 22 siswa perempuan. Data dikumpulkan melalui metode observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data secara deskriptif kualitatif dengan model interaktif. Hasil penelitian adalah adanya peningkatan hasil belajar siswa. Hal ini dilihat dari banyaknya prosentase ketuntasan belajar siswa yang mendapat nilai lebih dari sama dengan 65 sebelum tindakan adalah 9 siswa (30%), putaran I sebesar 11 siswa (36,67%), putaran II sebesar 18 siswa (60%) dan pada putaran terakhir mencapai 28 siswa (93,33%). Serta adanya peningkatan nilai rata-rata kelas dari sebelum tindakan 54,67 menjadi 61,17 pada putaran I, meningkat menjadi 66,67 pada putaran II dan meningkat lagi menjadi 74,17 pada putaran terakhir. Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa penerapan metode Jigsaw dalam pembelajaran Ekonomi dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII SMP Pancasila 5 Slogohimo Wonogiri Tahun Ajaran 2011/2012

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Metode Jigsaw, Hasil Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Mulyadi Mulyadi
Date Deposited: 09 Aug 2012 09:48
Last Modified: 09 Aug 2012 09:48
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/19559

Actions (login required)

View Item View Item