Pengaruh Persepsi Mahasiswa Mengenai Pelaksanaan Pembelajaran Dan Kecerdasan Emosional Terhadap Prestasi Belajar Mata Kuliah Akuntansi Keuangan Menengah 1 Tahun Akademik 2009/2010 Program Studi Pendidikan Akuntansi FKIP UMS

Aprianto, Dhoni (2012) Pengaruh Persepsi Mahasiswa Mengenai Pelaksanaan Pembelajaran Dan Kecerdasan Emosional Terhadap Prestasi Belajar Mata Kuliah Akuntansi Keuangan Menengah 1 Tahun Akademik 2009/2010 Program Studi Pendidikan Akuntansi FKIP UMS. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (885kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (35kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (84kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (99kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (78kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB__V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (8kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publkasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (289kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) pengaruh persepsi suatu pelaksanaan pembelajaran akuntansi keuangan menengah 1 terhadap prestasi belajar; 2) pengaruh kecerdasan emosional terhadap prestasi belajar; dan 3) pengaruh persepsi mengenai pelaksanaan pembelajaran dan kecerdasan emosional terhadap prestasi belajar akuntansi keuangan menengah 1 mahasiswa FKIP Akuntansi tahun 2009/2010. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif yang kesimpulannya diperoleh berdasarkan pada hasil analisis statistik. Penelitian ini mengambil lokasi di Universitas Muhammadiyah Surakarta. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa angkatan 2009 FKIP Akuntansi UMS sebanyak 130 mahasiswa. Sampel dalam penelitian adalah sebanyak 97 mahasiswa yang diambil dengan teknik simple random sampling. Data yang diperlukan diperoleh melalui angket yang telah diuji-cobakan dan diuji validitas serta diuji reliabilitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda, uji F, uji t, uji R2, dan sumbangan relatif dan efektif. Hasil analisis regresi diperoleh persamaan regresi: Y = 1,159 + 0,025X1 + 0,012X2 artinya prestasi belajar dipengaruhi oleh persepsi mahasiswa mengenai pelaksanaan pembelajaran dan kecerdasan emosional. Kesimpulan yang diperoleh adalah: (1) persepsi mahasiswa mengenai pelaksanaan pembelajaran berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar akuntansi keuangan menengah 1. Hal ini terbukti dari hasil uji t yang memperoleh thitung > ttabel (5,851 > 1,99) dan P value (0,000 < 0,05); (2). Kecerdasan emosional berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar akuntansi keuangan menengah 1. Hal ini terbukti dari hasil uji t yang memperoleh thitung > ttabel (2,836 > 1,99) dan P value (0,006 < 0,05); dan (3) persepsi mahasiswa mengenai pelaksanaan pembelajaran dan kecerdasan emosional secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar akuntansi keuangan menengah 1 mahasiswa FKIP Akuntansi UMS. Hal ini terbukti dari hasil uji F yang memperoleh Fhitung > Ftabel (18,814 > 3,09) dan P value (0,000 < 0,05). 4) variabel persepsi mahasiswa mengenai pelaksanaan pembelajaran memberikan sumbangan relatif sebesar 73,6% dan sumbangan efektif sebesar 21,0%, variabel kecerdasan emosional memberikan sumbangan relatif sebesar 26,4% dan sumbangan efektif sebesar 7,6%. Sehingga total sumbangan efektif kedua variabel sebesar 28,6% sedangkan sisanya 71,4% dipengaruhi variabel lain yang tidak ditelitisisanya 71,4% dipengaruhi variabel lain yang tidak diteliti

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: pelaksanaan pembelajaran, kecerdasan emosional, prestasi belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Mulyadi Mulyadi
Date Deposited: 09 Aug 2012 09:29
Last Modified: 09 Aug 2012 09:29
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/19558

Actions (login required)

View Item View Item