Nurwijayanto, Nurwijayanto (2012) Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Dengan Menggunakan Metode Pembelajaran Jigsaw Pada Mata Pelajaran Akuntansi Kelas X Akuntansi 1 Sekolah Menengah Kejuruan Batik 1 Surakarta Tahun Ajaran 2011 / 2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (2MB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (145kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (209kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (190kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (250kB) |
||
|
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Download (130kB) |
|
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (138kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (7MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (1MB) |
Abstract
Dalam melakukan proses pembelajaran guru dapat memilih dan menggunakan beberapa metode mengajar. Tujuan penelitian ini adalah 1) Meningkatkan keaktifan siswa dalam proses pembelajaran akuntansi, 2) Meningkatkan pemahaman siswa pada mata pelajaran akuntansi. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas. Upaya pemecahan masalah dalam penelitian tindakan kelas ini dilakukan dengan langkah – langkah sebagai berikut : (1) Perencanaan tindakan, (2) Pelaksanaan tindakan, (3) Pengamatan dan (4) Refleksi. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dari penelitian ini dengan cara deskripsi kualitatif yaitu dengan cara menganalisis data perkembangan siswa dari siklus I sampai siklus II. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode pembelajaran jigsaw dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran akuntansi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebelum tindakan didapat keaktifan belajar siswa sebanyak23siswa atau 53,49 %, pada siklus I meningkat keaktifan belajar siswa menjadi 33 siswa atau 76,74%dan pada siklus II juga meningkat keaktifan belajar siswa menjadi 38 siswa atau 88,37%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan metode pembelajaran jigsaw dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa sebanyak 38 siswa atau 88,37%.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode pembelajaran jigsawmeningkatkan keaktifan belajar siswa. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 09 Aug 2012 08:47 |
Last Modified: | 09 Aug 2012 08:47 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/19556 |
Actions (login required)
View Item |