Puspita Sari, Ayu (2012) Profesionalisme Guru Ditinjau Dari Kompetensi Pedagogik Dan Kompetensi KepribadianDi SMA Negeri 1 Sragen. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
03._Halaman_Depan.pdf Download (15MB) |
|
|
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf Download (97kB) |
|
PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (216kB) |
||
PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (232kB) |
||
PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (196kB) |
||
PDF (Bab V)
08._BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (65kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
09._DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (49kB) |
|
PDF (Lampiran)
10._Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
02._Naskah_Publikasi.pdf Download (14MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui 1) pengaruh kompetensi pedagogik terhadap profesionalisme guru di SMA Negeri 1 Sragen. 2) pengaruh kompetensi kepribadian terhadap profesionalisme guru di SMA Negeri 1 Sragen. 3) pengaruh kompetensi pedagogik dan kompetensi kepribadian terhadap profesionalisme guru di SMA Negeri 1 Sragen.Jenis penelitian ini adalah penelitian dskriptif kuantitatif. Penelitian ini mengambil lokasi di SMA Negeri 1 Sragen. Dalam penelitian ini yang di jadikan populasi adalah guru SMA Negeri 1 Sragen yang berjumlah 79 guru. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik angket dan dokumentasi. Teknik analisis yang data yang digunakan adalah analisis regresi linier ganda, uji keberartian regresi linier ganda (uji F) dan uji keberartian koefisien regresi linier ganda (uji t), selain itu dilakukan pula perhitungan sumbangan relatif dan sumbangan efektif. Kesimpulan penelitian ini adalah 1) Kompetensi pedagogik berpengaruh positif terhadap profesionalisme guru. Berdasarkan uji t diperoleh thitung > ttabel, yaitu 4,197>2,003 dan nilai probabilitas signifikansi <0,05, yaitu 0,000. 2) Kompetensi kepribadian berpengaruh positif terhadap profesionalisme guru. Berdasarkan uji t diperoleh thitung > ttabel , yaitu 3,837>2,003 dan nilai probabilitas signifikansi< 0,05, yaitu 0,000. 3) Kompetensi pedagogik dan kompetensi kepribadian secara bersama-sama berpengaruh positif terhadap profesionalisme guru. Berdasarkan uji F diketahui bahwa H0 ditolak, karena Fhitung> Ftabel, yaitu 26,268>3,162 dan nilai probabilitas signifikansi< 0,05, yaitu 0,000. 4)Variabel kompetensi pedagogik memberikan sumbangan efektif 25,8%. Variabel kompetensi kepribadian memberikan sumbangan efektif 22,6%, jadi total sumbangan efektif adalah sebesar 48,4%, sedangkan 51,6% sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, profesionalisme guru |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 09 Aug 2012 08:33 |
Last Modified: | 09 Aug 2012 08:33 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/19555 |
Actions (login required)
View Item |