Pengaruh Keharmonisan Keluarga Dan Kedisiplinan Belajar Terhadap Prestasi Belajar Peserta Didik Kelas X Di SMK Batik 2 Surakarta Tahun Ajaran 2011-2012

Rahayu, Tri Subekti (2012) Pengaruh Keharmonisan Keluarga Dan Kedisiplinan Belajar Terhadap Prestasi Belajar Peserta Didik Kelas X Di SMK Batik 2 Surakarta Tahun Ajaran 2011-2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (766kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (145kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (187kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (252kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (203kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (41kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (9kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (485kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Pengaruh keharmonisan keluarga terhadap prestasi belajar peserta didik kelas X di SMK Batik 2 Surakarta. 2) Pengaruh kedisiplinan belajar terhadap prestasi belajar peserta didik kelas X di SMK Batik 2 Surakarta. 3) Pengaruh keharmonisan keluarga dan kedisiplinan belajar terhadap prestasi belajar peserta didik kelas X di SMK Batik 2 Surakarta. Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif kuantitatif dengan penarikan kesimpulan melalui analisis statistik. Populasi dalam penelitian ini adalah berjumlah 150 siswa di SMK Batik 2 Surakarta. Sampel diambil sebanyak adalah 105 orang siswa dengan teknik simple random sampling. Data yang diperlukan diperoleh melalui angket dan dokumentasi. Angket sebelumnya diuji cobakan dan diuji validitas serta diuji reliabilitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda, uji F, uji t, uji R2, dan sumbangan relatif dan efektif. Hasil analisis regresi memperoleh persamaan garis regresi: Y = 72,558 + 0, 323 X1 + 0, 472 X2. Persamaan menunjukkan bahwa prestasi belajar dipengaruhi oleh keharmonisan keluarga dan kedisiplinan belajar. Kesimpulan yang diambil adalah: 1) ” Ada pengaruh antara keharmonisan keluarga terhadap prestasi belajar peserta didik kelas X di SMK Batik 2 Surakarta” dapat diterima. Hal ini berdasarkan analisis regresi linier ganda (uji t) diketahui bahwa thitung > ttabel, yaitu 3,076 > 2,000 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,003 dengan sumbangan efektif sebesar 25,3%. 2) “ Ada pengaruh antara kedisiplinan belajar terhadap prestasi belajar peserta didik kelas X di SMK Batik 2 Surakarta ” dapat diterima. Hal ini berdasarkan analisis regresi linier ganda (uji t) diketahui bahwa thitung > ttabel, yaitu 3,501 > 2,000 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,002 dengan sumbangan efektif sebesar 27,3%. 3) “ Ada pengaruh antara keharmonisan keluarga dan kedisiplinan belajar terhadap prestasi belajar peserta didik kelas X di SMK Batik 2 Surakarta ” dapat diterima. Hal ini berdasarkan analisis variansi regresi linier ganda (uji F) diketahui bahwa Fhitung > Ftabel, yaitu 13,538 > 3,150 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,000. 4) Hasil uji koefisien determinasi (R2) sebesar 0,526 menunjukkan bahwa besarnya pengaruh antara keharmonisan keluarga dan kedisiplinan belajar secara bersama-sama terhadap prestasi belajar peserta didik kelas X di SMK Batik 2 Surakarta adalah sebesar 52,6%, sedangkan 47,4% sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Prestasi Belajar, Keharmonisan Keluarga dan Kedisiplinan Belajar.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 09 Aug 2012 07:46
Last Modified: 09 Aug 2012 07:46
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/19553

Actions (login required)

View Item View Item