Penggunaan Alat Peraga Benda Manipulatif Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Segi Empat Pada Mata Pelajaran Matematika (Ptk Siswa Kelas Vii Semester Ii Di Smp Negeri 2 Jatiroto Wonogiri) Tahun Ajaran 2011 / 2012

RUSDIATI , FAJAR (2012) Penggunaan Alat Peraga Benda Manipulatif Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Segi Empat Pada Mata Pelajaran Matematika (Ptk Siswa Kelas Vii Semester Ii Di Smp Negeri 2 Jatiroto Wonogiri) Tahun Ajaran 2011 / 2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Hal depan)
4._halaman_depan.pdf

Download (2MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
5.bab_1.pdf

Download (127kB)
[img] PDF (Bab II)
6.bab_2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (255kB)
[img] PDF (bab III)
7.bab_3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (154kB)
[img] PDF (Bab IV)
8.bab_4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (186kB)
[img] PDF (Bab V)
9.bab_5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (126kB)
[img]
Preview
PDF (Dapus)
10.daftar_pustaka.pdf

Download (120kB)
[img] PDF (Lampiran)
11.lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah publikasi)
2.naskah_publikasi.pdf

Download (812kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan peningkatkan kemampuan pemahaman konsep segi empat siswa dengan penggunaan alat peraga benda manipulatif. Jenis penelitian pada penelitian ini adalah PTK (Penelitian Tindakan Kelas). Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas VII C SMP Negeri 2 Jatiroto yang berjumlah 31 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi sebagai metode pokok, serta metode bantu yang meliputi catatan lapangan, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan metode alur yang terjadi dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Untuk menjamin keabsahan data digunakan teknik triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematika siswa pada pokok bahasan segi empat. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan jumlah siswa pada : 1) kemampuan memahami masalah sebelum tindakan sebesar 19,35% dan di akhir tindakan sebesar 64,52%, 2) kemampuan menyelesaikan masalah sebelum tindakan sebesar 25,8% dan di akhir tindakan sebesar 74,19%, 3) kemampuan menyatakan ulang suatu konsep segi empat sebelum tindakan sebesar 9,68% dan di akhir tindakan sebesar 77,42%. Kesimpulan penelitian ini adalah dengan penggunaan alat peraga benda manipulatif dapat meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematika siswa pada pokok bahasan segi empat.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Alat Peraga Benda Manipulatif, Pemahaman Konsep.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 13 not found.
Date Deposited: 08 Aug 2012 11:24
Last Modified: 08 Aug 2012 11:24
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/19547

Actions (login required)

View Item View Item