Damayanti, Damayanti (2012) Peningkatan Kedisiplinan Dan Hasil Belajar Matematika Pada Bangun Datar Melalui Strategi Active Self–Assessment (PTK Siswa Kelas VII Semester II di SMP Muhammadiyah 9 Gemolong Sragen Tahun Ajaran 2011/2012). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (1MB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_1.pdf Download (28kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (73kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (54kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (119kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (28kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (17kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
publikasi.pdf Download (770kB) |
Abstract
Tujuan penelitian, untuk mengkaji dan mendeskripsikan peningkatan kedisiplinan dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika pada materi bangun datar (persegi panjang dan persegi) melalui strategi pembelajaran Active Self-Assessment. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subyek penelitian yang dikenai tindakan adalah siswa kelas VIID SMP Muhammadiyah 9 Gemolong yang berjumlah 28 siswa, sedangkan obyek penelitian adalah kedisiplinan dan hasil belajar matematika. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, metode tes, dokumentasi, dan catatan lapangan. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan model alur. Validitas data menggunakan teknik triangulasi yaitu triangulasi sumber dan metode. Hasil penelitian adalah ada peningkatan kedisiplinan dan hasil belajar matematika yang dapat dilihat dari meningkatnya indikator kedisiplinan dan hasil belajar matematika meliputi: 1) taat pada aturan sebelum tindakan 14,28 %, putaran I 50 %, dan putaran II 78,57 %, 2) tepat waktu sebelum tindakan 10,7 %, putaran I 57,14 %, dan putaran II 89,28 %, dan siswa yang nilainya lebih dari KKM sebelum tindakan 35,71%, putaran I 53,57%, dan putaran II 85,71 %. Berdasarkan uraian diatas disimpulkan bahwa penerapan strategi pembelajaran Active Self-Assessment dalam pembelajaran matematika dapat meningkatkan kedisiplinan dan hasil belajar matematika.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kedisiplinan belajar, Hasil belajar, Active Self-Asessment |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mulyadi Mulyadi |
Date Deposited: | 08 Aug 2012 09:52 |
Last Modified: | 08 Aug 2012 09:52 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/19540 |
Actions (login required)
View Item |