Analisis Kesiapan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika Dalam Melaksanakan Program Pengalaman Lapangan Tahun 2012

Utomo, Wiji (2012) Analisis Kesiapan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika Dalam Melaksanakan Program Pengalaman Lapangan Tahun 2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (2MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (25kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (113kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (49kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (70kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (25kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (21kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah 1) Mengetahui langkah yang ditempuh oleh pihak laboratorium microteaching FKIP UMS dalam menyiapkan mahasiswa menghadapi pelaksanaan Program Pengalaman Lapangan (PPL) dan 2) Mengetahui kesiapan materi mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika dalam menghadapi kegiatan PPL. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Subyek dalam penelitian adalah mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika semester VI Universitas Muhammadiyah Surakarta Tahun Ajaran 2011/2012 sebanyak 38 mahasiswa yang terdiri dari 8 mahasiswa laki-laki dan 30 mahasiswa perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dokumentasi, dan tes. Validitas data yang digunakan adalah triangulasi data. Teknik analisis data yang digunakan adalah model analisis interaktif yang mempunyai empat komponen yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa langkah yang ditempuh oleh pihak laboratorium adalah bersama dengan pihak Program Studi Pendidikan Matematika memfasilitasi kegiatan microteaching. Cara memfasilitasi adalah dengan cara menyediakan supervisor dan menyediakan fasilitasfasilitas dalam pembelajaran mikro. Sedangkan pada kesiapan materi mahasiswa menghadapi PPL sesuai dengan data yang dikumpulkan prosentasenya mencapai 79,38%. Hal ini berarti mahasiswa Prodi pendidikan matematika FKIP UMS siap melaksanakan kegiatan Program Pengalaman Lapangan (PPL) dalam hal penguasaan materi

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kesiapan, Mahasiswa, Praktek Pengalaman Lapangan (PPL)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mulyadi Mulyadi
Date Deposited: 08 Aug 2012 09:23
Last Modified: 08 Aug 2012 09:23
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/19538

Actions (login required)

View Item View Item