Prasetyowati,, Lisa (2012) Penerapan Model Pembelajaran Two Stay Two Stray Pada Pembelajaran Student Facilitator And Explaining Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Prestasi Belajar Matematika ( PTK di Kelas VII C Semester Genap SMP Muhammadiyah 1 Kudus). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (2MB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_1.pdf Download (39kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_2.pdf Restricted to Repository staff only Download (117kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_3.pdf Restricted to Repository staff only Download (62kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_4.pdf Restricted to Repository staff only Download (159kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_5.pdf Restricted to Repository staff only Download (20kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (19kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (605kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji dan mendiskripsikan peningkatan motivasi dan prestasi belajar matematika pada materi ajar bangun datar melalui penerapan model pembelajaran Two Stay Two Stray pada pembelajaran Student Facilitator And Explaining. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas VII C SMP Muhammadiyah 1 Kudus, dan subyek pelaksana tindakan adalah peneliti yang dibantu oleh guru matematika kelas VII C. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, tes, catatan lapangan dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan metode alur yang terjadi dari reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Untuk menjamin keabsahan data digunakan teknik triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan motivasi belajar siswa pada pembelajaran matematika melalui model pembelajaran Two Stay Two Stray pada pembelajaran Student Facilitator And Explaining. Hal ini dapat dilihat dari 1) perhatian siswa terhadap penjelasan dari guru sebelum tindakan sebesar 21,87% dan di akhir tindakan mencapai 62,5%, 2) keaktifan siswa dalam bertanya dan menjawab pertanyaan dari guru sebelum tindakan sebesar 12,5% dan di akhir tindakan mencapai 43,75%, 3) tanggung jawab siswa untuk mengerjakan latihan soal sebelum tindakan sebesar 9,37% dan di akhir tindakan mencapai 46,87%. Penelitian ini juga menunjukkan adanya peningkatan prestasi belajar matematika melalui penerapan model pembelajaran Two Stay Two Stray pada pembelajaran Student Facilitator And Explaining. Hal ini dapat dilihat dari nilai siswa di atas standar ketuntasan minimal sebelum tindakan sebesar 53,12% dan di akhir tindakan mencapai 84,37%. Penelitian ini menyimpulkan bahwa dengan menerapkan model pembelajaran Two Stay Two Stray pada pembelajaran Student Facilitator And Explaining dapat meningkatkan motivasi dan prestasi belajar matematika siswa kelas VII C SMP Muhammadiyah 1 Ku
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata kunci : Two Stay Two Stray, Student Facilitator And Explaining, motivasi belajar, prestasi belajar. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mulyadi Mulyadi |
Date Deposited: | 08 Aug 2012 09:00 |
Last Modified: | 08 Aug 2012 09:00 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/19535 |
Actions (login required)
View Item |