Saroh, Maya (2012) Optimalisasi Model Pembelajaran Problem Posing Tipe Pre Solution Posing Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematika Siswa Kelas VII SMP N 3 Colomadu Pada Pokok Bahasan Segi Empat Tahun Ajaran 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (992kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (31kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (115kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (70kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (121kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (23kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAPUS.pdf Download (15kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (25MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
ARTIKEL_PUBLIKASI.pdf Download (354kB) |
Abstract
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematika dalam pembelajaran matematika setelah penerapan model pembelajaran Problem Posing tipe Pre Solution Posing di kelas VII B SMP Negeri 3 Colomadu. Penelitian ini termasuk pada jenis PTK(penelitian tindakan kelas). Subyek dalam penelitian ini adalah guru dengan siswa kelas VII B SMP Negeri 3 Colomadu. Siswa sebagai penerima tindakan berjumlah 32 orang. Metode pengumpulan data yang digunakan meliputi observasi, catatan lapangan, dokumentasi, dan metode tes. Teknik analisis data dilakukan dengan metode alur, yaitu meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Data hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan komunikasi matematika siswa pada pokok bahasan segi empat. Hal ini dapat terlihat dari 1) kemampuan siswa dalam menyatakan peristiwa sehari-hari dalam bahasa simbol matematika sebelum tindakan 18,75% dan di akhir tindakan mencapai 50%, 2) kemampuan siswa dalam mengajukan ertanyaan sebelum tindakan 28,12% dan di akhir tindakan mencapai 56,25%, 3) keberanian siswa dalam menyampaikan ide atau pendapat sebelum tindakan 18,75% dan di akhir tindakan mencapai 50%, 4) kemampuan siswa dalam menjawab pertanyaan sebelum tindakan 25% dan di akhir tindakan mencapai 59,37%, 5) kemampuan siswa dalam mendengarkan, berdiskusi, menulis dalam matematika sebelum tindakan 28,12% dan di akhir tindakan mencapai 53,12%. Berdasarkan data hasil dari penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan optimalisasi model pembelajaran Problem Posing tipe Pre Solution Posing dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematika siswa.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Problem Posing tipe Pre Solution Posing, kemampuan komunikasi matematika. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 08 Aug 2012 08:03 |
Last Modified: | 08 Aug 2012 08:03 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/19532 |
Actions (login required)
View Item |