Upaya Meningkatkan Kemandirian Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Melalui Model Pembelajaran Advance Organizer Dengan Peta Konsep (PTK Pembelajaran Matematika di SMP Negeri 5 Sukoharjo Kelas VII H Semester GenapTahun Ajaran 2011/2012)

Aminah, Yuliana Siti (2012) Upaya Meningkatkan Kemandirian Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Melalui Model Pembelajaran Advance Organizer Dengan Peta Konsep (PTK Pembelajaran Matematika di SMP Negeri 5 Sukoharjo Kelas VII H Semester GenapTahun Ajaran 2011/2012). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (163kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (259kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (259kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (324kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (265kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (94kB)
[img]
Preview
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf

Download (4MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (484kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengkaji dan mendeskripsikan penggunaan metode Advane Organizer dengan peta konsep untuk meningkatkan kemandirian siswa kelas VII H SMP Negeri 5 Sukoharjo. Pendekatan penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan desain Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subyek penelitian pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII H SMP Negeri 5 Sukoharjo yang berjumlah 32 siswa. Pelaksanaan tindakan kelas dilaksanakan selama tiga kali putaran. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, catatan lapangan dan dokumentasi. Untuk menjamin validitas data digunakan teknik triangulasi penyidik. Teknik analisis data yang digunakan adalah metode alur yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan metode pembelajaran Advance Organizer dengan peta konsep dapat meningkatkan kemandirian siswa kelas VII H SMP Negeri 5 Sukoharjo. Hal tersebut dapat dilihat dari indikator banyaknya siswa yang: 1) mendiskusikan soal latihan terkontrol, dari sebelum tindakan 37,50% menjadi 53,12% pada akhir tindakan, 2) menjawab pertanyaan dari guru , dari sebelum tindakan 25,00% menjadi 56,25% pada akhir tindakan, 3) mengerjakan soal latihan mandiri, dari sebelum tindakan 34,37% menjadi 75,00% pada akhir tindakan.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: kemandirian siswa, metode Advance Organizer, peta konsep
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mulyadi Mulyadi
Date Deposited: 08 Aug 2012 06:23
Last Modified: 08 Aug 2012 06:23
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/19522

Actions (login required)

View Item View Item