Aminah, Yuliana Siti (2012) Upaya Meningkatkan Kemandirian Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Melalui Model Pembelajaran Advance Organizer Dengan Peta Konsep (PTK Pembelajaran Matematika di SMP Negeri 5 Sukoharjo Kelas VII H Semester GenapTahun Ajaran 2011/2012). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (1MB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (163kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (259kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (259kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (324kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (265kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (94kB) |
|
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Download (4MB) |
|
|
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (484kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah mengkaji dan mendeskripsikan penggunaan metode Advane Organizer dengan peta konsep untuk meningkatkan kemandirian siswa kelas VII H SMP Negeri 5 Sukoharjo. Pendekatan penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan desain Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subyek penelitian pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII H SMP Negeri 5 Sukoharjo yang berjumlah 32 siswa. Pelaksanaan tindakan kelas dilaksanakan selama tiga kali putaran. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, catatan lapangan dan dokumentasi. Untuk menjamin validitas data digunakan teknik triangulasi penyidik. Teknik analisis data yang digunakan adalah metode alur yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan metode pembelajaran Advance Organizer dengan peta konsep dapat meningkatkan kemandirian siswa kelas VII H SMP Negeri 5 Sukoharjo. Hal tersebut dapat dilihat dari indikator banyaknya siswa yang: 1) mendiskusikan soal latihan terkontrol, dari sebelum tindakan 37,50% menjadi 53,12% pada akhir tindakan, 2) menjawab pertanyaan dari guru , dari sebelum tindakan 25,00% menjadi 56,25% pada akhir tindakan, 3) mengerjakan soal latihan mandiri, dari sebelum tindakan 34,37% menjadi 75,00% pada akhir tindakan.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | kemandirian siswa, metode Advance Organizer, peta konsep |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mulyadi Mulyadi |
Date Deposited: | 08 Aug 2012 06:23 |
Last Modified: | 08 Aug 2012 06:23 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/19522 |
Actions (login required)
View Item |