Implementasi Pendekatan Kontekstual Dalam Pembelajaran Matematika Untuk Membangun Karakter Siswa ( PTK di Kelas VII C SMP Negeri 1 Klambu Tahun Ajaran 2011/2012)

Siswanto, Agus (2012) Implementasi Pendekatan Kontekstual Dalam Pembelajaran Matematika Untuk Membangun Karakter Siswa ( PTK di Kelas VII C SMP Negeri 1 Klambu Tahun Ajaran 2011/2012). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
02_Halaman_Depan.pdf

Download (177kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
03_BAB_I.pdf

Download (34kB)
[img] PDF (Bab II)
04_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (147kB)
[img] PDF (Bab III)
05_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (54kB)
[img] PDF (Bab IV)
06_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (208kB)
[img] PDF (Bab V)
07_BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (30kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
08_Daftar_Pustaka.pdf

Download (21kB)
[img] PDF (Lampiran)
09_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
11_Naskah_Publikasi.pdf

Download (130kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membangun pendidikan karakter siswa dalam pembelajaran matematika melalui metode pendekatan kontekstual. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penerima tindakan adalah siswa kelas VII C SMP Negeri 1 Klambu yang berjumlah 43 siswa. Metode pengumpulan data melalui metode observasi, tes, catatan lapangan, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan model alur. Keabsahan data dilakukan dengan observasi terus menerus dan triangulasi data. Hasil penelitian menunjukkan adanya: (1) peningkatan sikap tanggung jawab siswa dapat dilihat dari indikator sikap tangung jawab siswa meliputi: a) pembuatan laporan setiap kegiatan dari 50% menjadi 88%, b) melakukan tugas tanpa disuruh dari 40% menjadi 71%, c) menunjukkan prakarsa dari 5% menjadi 19%, d) tidak curang dalam tugas dari 30% menjadi76%, (2) peningkatan rasa ingin tahu siswa dapat dilihat dari indikator rasa ingin tahu siswa meliputi: a) bertanya dari 5% menjadi 23%, b) memberi tanggapan dari 10% menjadi 19%, c) tanggap dari 5% menjadi 19%, d) ulet dan aktif dari 5% menjadi 19%, (3) peningkatan sikap kreatif siswa dapat dilihat dari meningkatnya indikator sikap kreatif siswa meliputi: a) rasa ingin tahu dari 5% menjadi 19%, b) membuat model matematika dari 5% menjadi 33%, c) mandiri dari 35% menjadi 64%, d) menghargai hak orang lain dari 45% menjadi 90%, (4) peningkatan sikap disiplin siswa dapat dilihat dari indikator sikap disiplin siswa meliputi: a) datang tepat waktu dari 80% menjadi 100%, b) tenang dalam belajar dari 50% menjadi 90%, c) memanfaatkan waktu bertanya dari 5% menjadi 21%, d) berusaha agar semua aktifitas pekerjaan menjadi lancar dari 50% menjadi 86%. Dengan demikian dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan pendekatan kontekstual dapat membangun pendidikan karakter siswa.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: kontekstual, pendidikan karakter, tanggung jawab, rasa ingin tahu,kreatif, disiplin
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mulyadi Mulyadi
Date Deposited: 08 Aug 2012 05:48
Last Modified: 08 Aug 2012 05:48
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/19521

Actions (login required)

View Item View Item