Hastuti, Endang Dwi (2012) Penerapan Strategi Pembelajaran Poster Session Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Dan Komunikasi Siswa Dalam Pembelajaran Matematika (PTK Pembelajaran Matematika di Kelas VIII C SMP Negeri 1 Karanggede). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (804kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (106kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (396kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (168kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (278kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (69kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (101kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN_.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (550kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan pemahaman konsep dan komunikasi siswa dalam pembelajaran matematika dengan penerapan strategi pembelajaran poster session pada siswa kelas VIII C SMP Negeri I Karanggede. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan desain penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam tiga siklus. Tiap siklus terdiri dari 5 tahapan dasar yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, refleksi dan evaluasi. Pengumpulan data dilaksanakan dengan observasi,wawancara, tes, catatan lapangan dan dokumentasi. Validitas data menggunakan teknik triangulasi yaitu triangulasi sumber. Subjek pemberi tindakan adalah Guru mata pelajaran matematika kelas VIII C SMP Negeri I Karanggede, sedangkan subjek penerima tindakan adalah siswa kelas VIII C yang terdiri dari 36 siswa. Analisis data dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif yaitu aliran data dianalisis dari tindakan pembelajaran dilaksanakan dan dikembangkan selama proses pembelajaran berlangsung. Kesimpulan penelitian yang diperoleh adalah penerapan strategi pembelajaran poster session dapat meningkatkan pemahaman konsep dan komunikasi siswa dalam pembelajaran matematika. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan setiap indikator dari pemahaman konsep dan komunikasi siswa yaitu sebagai berikut: 1) kemampuan siswa dalam menghubungkan konsep matematika dengan situasi nyata atau dalam kehidupan sehari-hari meningkat dari (13,9%) menjadi (72,2%), 2) kemampuan siswa dalam memecahkan masalah yang berkenaan dengan konsep meningkat dari (16,7%) menjadi (80,6%), 3) Kemampuan siswa dalam mengerjakan soal di depan kelas meningkat dari (8,3%) menjadi (44,4%), 4) Kemampuan siswa dalam mengajukan pertanyaan kepada guru atau teman meningkat dari (0%) menjadi (33,3%), 5) Kemampuan siswa dalam menjawab pertanyaan yang diajukan teman lain atau guru meningkat dari (8,3%) menjadi (50%), 6) Kemampuan siswa dalam bekerja kelompok atau berdiskusi meningkat dari (11,1%) menjadi (88,8%). Berdasarkan penelitian diperoleh kesimpulan bahwa penerapan strategi pembelajaran poster session dapat meningkatkan pemahaman konsep dan komunikasi siswa dalam pembelajaran matematika.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pemahaman konsep, Komunikasi Siswa, Strategi Pembelajaran Matematika, Strategi Pembelajaran Poster Session |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mulyadi Mulyadi |
Date Deposited: | 07 Aug 2012 09:36 |
Last Modified: | 07 Aug 2012 09:36 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/19511 |
Actions (login required)
View Item |