Peningkatan Keaktifan dan Prestasi Belajar Matematika Siswa Melalui Metode Three Stage Fishbowl Decision Pada Pokok Bahasan Keliling dan Luas Segitiga (PTK Pada Peserta didik Kelas VII SMP Negeri 4 Jatisrono Tahun ajaran 2011/2012)

Lia Indriani, Lia Indriani (2012) Peningkatan Keaktifan dan Prestasi Belajar Matematika Siswa Melalui Metode Three Stage Fishbowl Decision Pada Pokok Bahasan Keliling dan Luas Segitiga (PTK Pada Peserta didik Kelas VII SMP Negeri 4 Jatisrono Tahun ajaran 2011/2012). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
halaman_depan.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (87kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (190kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (94kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (260kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (64kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
Daftar_Pustaka.pdf

Download (9kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
Naskah_Publikasi_Ilmiah.pdf

Download (501kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar siswa dalam pembelajaran matematika pada materi keliling dan luas segitiga melalui metode Three Stage Fishbowl Decision pada siswa kelas VII D SMP N 4 Jatisrono tahun ajaran 2011/2012. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari perencanaa, tindakan, observasi, refleksi, dan evaluasi dengan menggunakan metode pembelajaran Three Stage Fishbowl Decision yang dilaksanakan dalam III siklus . Data dikumpulkan melalui observasi, catatan lapangan, dan dokumentasi. Untuk menjamin validitas data digunakan teknik triangulasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data deskriptif kualitatif dengan analisis interaktif yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan keaktifan matematiks siswa yang dapat dilihat dari indikator keaktifan : (a) memperhatikan penjelasan guru sebelum tindakan 63,33% dan setelah tindakan 93,33% , (b) bekerjasama dalam kelompok sebelum tindakan 0,00% dan setelah tindakan 73,33%, (c) mengemukakan ide/ pendapat 3,33% dan setelah tindakan 65,5%, (d) mempresentasikan hasil diskusi 0,00% dan setelah tindakan 20%. Prestasi belajar matematika siswa juga meningkat, dapat dilihat dari nilai rata-rata siswa yang mencapai nilai KKM 65 sebelum tidakan 33,33% dan setelah tindakan 100%. Kesimpulan penelitian ini adalah pembelajaran matematika melalui metode three stage fishbowl decision dapat meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar matematika siswa kelas VII D SMP N 4 Jatisrono.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: metode Three Stage Fishbowl Decision, keaktifan belajar, prestasi belajar
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mulyadi Mulyadi
Date Deposited: 07 Aug 2012 09:21
Last Modified: 07 Aug 2012 09:21
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/19497

Actions (login required)

View Item View Item