Penerapan Strategi Group Investigation Berbantu Alat Peraga Pada Materi Segi Empat Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa ( PTK Bagi Siswa Kelas VII Semester Genap SMP Negeri 3 Colomadu Tahun Ajaran 2011/2012 )

Novitasari, Arofah (2012) Penerapan Strategi Group Investigation Berbantu Alat Peraga Pada Materi Segi Empat Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa ( PTK Bagi Siswa Kelas VII Semester Genap SMP Negeri 3 Colomadu Tahun Ajaran 2011/2012 ). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
Hal_depan.pdf

Download (933kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (42kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (113kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (75kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV_bu_rita.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (167kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (37kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (28kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran_ukey.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
Naspub.pdf

Download (729kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan prestasi belajar matematika siswa pada materi segi empat melalui penerapan strategi Group Investigation berbantu alat peraga. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas VII F SMP Negeri 3 Colomadu yang berjumlah 31 siswa, sedangkan obyek penelitian adalah kemampuan berpikir kritis dan prestasi belajar matematika. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, tes, catatan lapangan, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan metode alur yang terjadi dari reduksi data, penyajian data, dan penyimpulan. Untuk menjamin keabsahan data digunakan teknik triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan berpikir kritis dan prestasi belajar matematika pada pokok bahasan segi empat. Hal ini dapat dilihat dari indikator berpikir kritis yaitu: 1) kemampuan siswa dalam membuktikan suatu pernyataan sebelum tindakan 16,12% meningkat menjadi 61,3% pada akhir tindakan, 2) kemampuan siswa dalam memecahkan masalah sebelum tindakan 29,03% meningkat menjadi 83,87% pada akhir tindakan, 3) kemampuan siswa dalam menarik kesimpulan sebelum tindakan 12,9% meningkat menjadi 58,06% pada akhir tindakan. Hasil tes yang dilakukan sebelum dan di akhir tindakan menunjukkan adanya peningkatan prestasi belajar siswa yang terlihat dari hasil belajar siswa secara tuntas mendapatkan nilai ≥ 70, sebelum tindakan sebesar 29,03% meningkat menjadi 83,87% pada akhir tindakan. Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa dengan penerapan strategi Group Investigation berbantu alat peraga dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis pada materi segi empat sehingga berdampak pada peningkatan prestasi belajar matematika siswa.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Berpikir Kritis, Prestasi Belajar, Strategi Group Investigation Berbantu Alat Peraga.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mulyadi Mulyadi
Date Deposited: 07 Aug 2012 04:29
Last Modified: 07 Aug 2012 05:59
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/19492

Actions (login required)

View Item View Item