Sutrisno, Sutrisno (2012) Penerapan Media Pembelajaran Wolfram Mathematica Untuk Meningkatkan Minat Dan Hasil Belajar. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman depan)
3.halaman_depan.pdf Download (625kB) |
|
|
PDF (Bab I)
4.bab_1.pdf Download (169kB) |
|
PDF (Bab II)
5.bab_2.pdf Restricted to Repository staff only Download (278kB) |
||
PDF (Bab III)
6.bab_3.pdf Restricted to Repository staff only Download (214kB) |
||
PDF (Bab IV)
7.bab_4.pdf Restricted to Repository staff only Download (307kB) |
||
PDF (Bab V)
8.bab_5.pdf Restricted to Repository staff only Download (163kB) |
||
|
PDF (Daftar pustaka)
9.daftar_pustaka.pdf Download (159kB) |
|
PDF (lampiran)
10.lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
|
PDF (Naskah publikasi)
2.naskah_publikasi.pdf Download (345kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan mengkaji dan mendeskripsikan peningkatan minat dan hasil belajar matematika materi Irisan Kerucut (Elips) melalui penerapan media pembelajaran Wolfram Mathematica. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subyek penelitian yang dikenai tindakan adalah siswa kelas XI TKJ II SMK N I Bayudono berjumlah 35 siswa, sedangkan obyek penelitian adalah minat dan hasil belajar matematika. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, dokumentasi, tes dan catatan lapangan. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan metode alur. Keabsahan data menggunakan teknik triangulasi yaitu triangulasi metode dan observasi terus menerus. Hasil penelitian yaitu peningkatan minat dan hasil belajar matematika yang dapat dilihat dari meningkatnya indikator minat dan hasil belajar matematika meliputi: 1) antusias siswa dalam belajar sebelum tindakan sebanyak 35%, pada putaran I menjadi 59% dan di akhir putaran II sebanyak 79.41%, 2) antusias siswa dalam memperhatikan pelajaran sebelum tindakan sebanyak 35%, pada putaran I menjadi 59% dan di akhir putaran II sebanyak 88.23%, 3) antusias siswa dalam mengemukakan ide sebelum tindakan sebanyak 8.82%, pada putaran I menjadi 17% dan di akhir putaran II sebanyak 23.52%, 4) antusias siswa dalam mempelajari materi yang sudah diberikan sebelum tindakan sebanyak 17,64%, pada putaran I menjadi 50% dan di akhir putaran II sebanyak 88.2%, 5) siswa dengan nilai di atas KKM sebelum tindakan sebanyak 41%, pada putaran I menjadi 62%, dan di akhir putaran II sebanyak 88.23%. Berdasarkan uraian di atas disimpulkan bahwa penerapan media pembelajaran Wolfram Mathematica dalam pembelajaran matematika dapat meningkatkan minat dan hasil belajar matematika siswa.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Minat Belajar, Hasil Belajar, Wolfram Mathematica |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Edy Susilo |
Date Deposited: | 06 Aug 2012 11:45 |
Last Modified: | 06 Aug 2012 11:45 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/19489 |
Actions (login required)
View Item |