Peningkatan Kemampuan Penalaran Dan Koneksi Matematika Melalui Strategi Pembelajaran Probing Prompting (Ptk Pada Siswa Kelas Viii Semester Genap Smp Negeri 2 Banyudono Tahun Ajaran 2011/2012)

Mahyastuti, Visi (2012) Peningkatan Kemampuan Penalaran Dan Koneksi Matematika Melalui Strategi Pembelajaran Probing Prompting (Ptk Pada Siswa Kelas Viii Semester Genap Smp Negeri 2 Banyudono Tahun Ajaran 2011/2012). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (174kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (327kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (194kB)
[img] PDF (BAb IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (298kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (94kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (220kB)
[img]
Preview
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (505kB)

Abstract

Tujuan penelitian mendeskripsikan peningkatan kemampuan penalaran dan koneksi matematika dengan strategi pembelajaran Probing Prompting. Jenis penelitian merupakan penelitian tindakan kelas. Subyek penelitian siswa kelas VIII A SMP N 2 Banyudono yang berjumlah 33 siswa. Metode pengumpulan data dilakukan dengan observasi, tes, catatan lapangan dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan metode alur. Keabsahan data dilakukan dengan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan: (1) kemampuan penalaran matematika diamati dari (a) kemampuan mengajukan dugaan sebelum tindakan 27,27% dan diakhir tindakan 71,87%, (b) melakukan manipulasi matematika sebelum tindakan 24,24% dan diakhir tindakan 87,5%, (c) menarik kesimpulan logis sebelum tindakan 18,18% dan diakhir tindakan 78,12%. (2) kemampuan koneksi matematika diamati dari (a) kemampuan menuliskan permasalahan dalam bentuk matematika sebelum tindakan 30,30% menjadi 90,62%, (b) memahami konsep matematika sebelum tindakan 30,30% menjadi 78,12%, dan (c) memahami hubungan antar obyek dan konsep matematika sebelum tindakan 21,21% menjadi 75% di akhir tindakan.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: probing, prompting, penalaran, koneksi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Edy Susilo
Date Deposited: 06 Aug 2012 10:40
Last Modified: 06 Aug 2012 12:16
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/19472

Actions (login required)

View Item View Item