Setyawan, Indra (2012) Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Pokok Bahasan Operasi Hitung Bentuk Aljabar(Studi Kasus Pada Siswa Kelas Vii Smp Muhammadiyah 1 Surakarta). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman depan)
Halaman_Depan.pdf Download (1MB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (39kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (86kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (72kB) |
||
|
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Download (101kB) |
|
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (22kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
Daftar_Pustaka.pdf Download (20kB) |
|
|
PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf Download (2MB) |
|
|
PDF (Publikasi)
Naskah_Publikasi.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar persentase letak kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal matematika pokok bahasan operasi hitung bentuk aljabar. Kesalahan yang dilakukan siswa meliputi kesalahan dalam menerapkan konsep, kesalahan dalam menentukan rumus dan kesalahan dalam perhitungan pada pembelajaran matematika kelas VII di SMP Muhammadiyah 1 Surakarta tahun 2011/2012. Informan dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 1 Surakarta. Data yang dikumpulkan melalui 2 metode yaitu metode pokok dengan tes dan metode bantu dengan wawancara, observasi serta dokumentasi. Analisis data secara kualitatif melalui 3 alur yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase kesalahan dalam menerapkan konsep sebesar 65% tergolong tinggi, kesalahan dalam menentukan rumus sebesar 77% tergolong tinggi dan kesalahan dalam perhitungan sebesar 87% tergolong sangat tinggi. Dari data yang diperoleh berdasarkan hasil analisis jawaban siswa, wawancara, observasi dan dokumentasi terlihat bahwa kesalahan dalam perhitungan merupakan kesalahan yang paling banyak dilakukan oleh siswa.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pembelajaran, matematika, analisis, kesalahan, aljabar. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Edy Susilo |
Date Deposited: | 06 Aug 2012 10:32 |
Last Modified: | 06 Aug 2012 12:26 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/19470 |
Actions (login required)
View Item |