Septianto, Saya Indra Wachid (2012) Persepsi Siswa Mengenai Kompetensi Guru Dan Penggunaan Media Pembelajaran Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Ekonomi Siswa Kelas VIII Di SMP Negeri 02 Gatak Sukoharjo Tahun Ajaran 2011 - 2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
02._HALAMAN_DEPAN.pdf Download (560kB) |
|
|
PDF (Bab I)
03._BAB_I.pdf Download (245kB) |
|
PDF (Bab II)
04._BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (270kB) |
||
PDF (Bab III)
05._BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (358kB) |
||
PDF (Bab IV)
06._BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (331kB) |
||
PDF (Bab V)
07._BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (154kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (228kB) |
|
PDF (Lampiran)
09._LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
11._NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (603kB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah : 1) Untuk mengetahui pengaruh persepsi siswa mengenai kompetensi guru terhadap pretasi belajar IPS Ekonomi siswa kelas VIII di SMP Negeri 02 Gatak Sukoharjo Tahun Ajaran 2011/2012; 2) Untuk mengetahui pengaruh penggunaan media pembelajaran terhadap prestasi belajar IPS Ekonomi siswa kelas VIII di SMP Negeri 02 Gatak Sukoharo Tahun Ajaran 2011/2012; 3) Untuk mengetahui pengaruh persepsi siswa mengenai kompetensi guru dan penggunaan media pembelajaran terhadap prestasi belajar IPS Ekonomi siswa kelas VIII di SMP Negeri 02 Gatak Sukoharjo Tahun Ajaran 2011/2012. Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif kuantitatif dengan penarikan melalui analisis statistik. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII di SMP Negeri 02 Gatak Sukoharjo Tahun A jaran 2011/2012. Sampel diambil sebanyak 70 siswa. Data yang diperlukan diperoleh melalui angket dan dokumentasi. Angket sebelumnya diujicobakan dan diuji validitas serta diuji reliabilitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda, uji F, uji t, uji R2, dan sumbangan relatif dan efektif. Hasil analisis regresi memperoleh persamaan garis regresi: Y = 16,955+ 0,945X1 + 0,762X2. Menunjukkan prestasi belajar dipengaruhi oleh persepsi siswa mengenai kompetensi guru dan penggunaan media pembelajaran. Kesimpulan yang diambil adalah: 1) Ada pengaruh yang signifikan persepsi siswa mengenai kompetensi guru terhadap prestasi belajar pada siswa kelas VIII di SMP Negeri 02 Gatak. Berdasarkan analisis regresi linier ganda (uji t) diketahui bahwa thitung > ttabel, yaitu 3,613 > 1,996 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,001 dengan sumbangan efektif sebesar 20,5%; 2) Ada pengaruh yang signifikan penggunaan media pembelajaran terhadap prestasi belajar pada siswa kelas VIII di SMP Negeri 02 Gatak. Berdasarkan analisis regresi linier ganda (uji t) diketahui bahwa thitung > ttabel, yaitu 2,840 > 1,996 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,006, dengan sumbangan efektif sebesar 14,8%; 3) Ada pengaruh yang signifikan persepsi siswa mengenai kompetensi guru dan penggunaan media pembelajaran terhadap prestasi belajar pada siswa kelas VIII di SMP Negeri 02 Gatak. Berdasarkan analisis variansi regresi linier ganda (uji F) diketahui bahwa Fhitung > Ftabel, yaitu 18,243 > 3,134 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,000. Dengan koefisien determinasi yang diperoleh sebesar 0,353. 4) Hasil uji koefisien determinasi (R2) sebesar 0,353 bahwa pengaruh antara persepsi siswa mengenai kompetensi guru dan penggunaan media pembelajaran terhadap prestasi belajar siswa sebesar 35,3% sedangkan 64,7% sisanya dipengaruhi oleh variabel yang tidak ditelit.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Persepsi Siswa Mengenai Kompetensi Guru, Penggunaan Media Pembelajaran, Dan Prestasi Belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 06 Aug 2012 10:32 |
Last Modified: | 06 Aug 2012 12:26 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/19469 |
Actions (login required)
View Item |