Iman, Rizal Adipta (2012) Survey, Question, Read, Reflect, Recite, Review (Ptk Pembelajaran Matematika Bagi Siswa Kelas X Ap 1 Semester Genap Smk Negeri 1 Banyudono Tahun Ajaran 2011/2012). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman depan)
Halaman_Depan.pdf Download (947kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (160kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (221kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (180kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (298kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (135kB) |
||
|
PDF (Daftar pustaka)
Daftar_Pustaka.pdf Download (152kB) |
|
PDF (lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
||
|
PDF (Publication)
Naskah_Publikasi.pdf Download (330kB) |
Abstract
Tujuan penelitian, untuk mengkaji dan mendeskripsikan peningkatan kemandirian belajar siswa dalam pembelajaran matematika pada materi barisan dan deret melalui strategi pembelajaran Survey, Question, Read, Reflect, Recite, Review. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subyek penelitian yang dikenai tindakan yaitu siswa kelas X AP 1 SMK Negeri 1 Banyudono yang berjumlah 36 siswa, sedangkan obyek penelitian yaitu kemandirian belajar matematika. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, metode tes, dokumentasi, dan catatan lapangan. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan model alur. Keabsahan data menggunakan teknik triangulasi yaitu triangulasi sumber dan metode. Hasil penelitian terdapat peningkatan kemandirian belajar matematika yang dapat dilihat dari peningkatan indikator kemandirian belajar matematika meliputi: 1) mampu menyelesaikan tugasnya sendiri, sebelum tindakan 36,11 %, putaran I 47,22%, dan putaran II 83,33 %, 2) mampu mengatasi masalah belajarnya sendiri, sebelum tindakan 25 %, putaran I 36,11 %, dan putaran II 58,33%, 3) percaya pada diri sendiri, sebelum tindakan 22,22 %, putaran I 36,11%, dan putaran II 55,55%, 4) mampu mengatur dirinya sendiri, sebelum tindakan 22,22%, putaran I 38,88 %, dan putaran II 66,66%. Berdasarkan uraian diatas disimpulkan bahwa penerapan strategi pembelajaran Survey, Question, Read, Reflect, Recite, Review dalam pembelajaran matematika dapat meningkatkan kemandirian belajar matematika.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | kemandirian belajar , Survey, Question, Read, Reflect, Recite, Review |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Edy Susilo |
Date Deposited: | 06 Aug 2012 10:20 |
Last Modified: | 06 Aug 2012 10:24 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/19467 |
Actions (login required)
View Item |