Akatdianto, Amin (2012) Penerapan Strategi Course Review Hooray Dalam Pembelajaran Matematika Pada Bangun Datar Untuk Meningkatkan Tanggung Jawab Dan Prestasi Belajar (PTK Siswa Kelas VII Semester II di SMP Negeri 3 Sawit Boyolali). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
1._HALAMAN_DEPAN.pdf Download (2MB) |
|
|
PDF (Bab I)
2._BAB_1.pdf Download (38kB) |
|
PDF (Bab II)
3._BAB_2.pdf Restricted to Repository staff only Download (78kB) |
||
PDF (Bab III)
4._BAB_3.pdf Restricted to Repository staff only Download (54kB) |
||
PDF (Bab IV)
5._BAB_4.pdf Restricted to Repository staff only Download (161kB) |
||
PDF (Bab V)
6._BAB_5.pdf Restricted to Repository staff only Download (43kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
7._daftar_pustaka.pdf Download (19kB) |
|
PDF (Lampiran)
8._LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
10.NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (734kB) |
Abstract
Tujuan penelitian, untuk mengkaji dan mendeskripsikan peningkatan tanggung jawab dan prestasi belajar siswa dalam pembelajaran matematika pada materi bangun datar (segitiga) melalui strategi pembelajaran Course Review Hooray . Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subyek penelitian yang dikenai tindakan adalah siswa kelas VIIA SMP Negeri 3 Sawit Boyolali yang berjumlah 36 siswa, sedangkan obyek penelitian adalah tanggung jawab dan prestasi belajar matematika. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, metode tes, dokumentasi, dan catatan lapangan. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan model alur. Keabsahan data menggunakan teknik triangulasi yaitu triangulasi sumber dan metode. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan tanggung jawab dan prestasi belajar matematika yang dapat dilihat dari meningkatnya indikator tanggung jawab dan prestasi belajar matematika meliputi: 1) Siswa yang melaksanakan dan menyelesaikan tugas dalam mengikuti pembelajaran sebelum dilakukan tindakan sebanyak 5 siswa (14,71%). Setelah dilakukan tindakan pada putaran I meningkat menjadi 12 siswa (33,3 %). Dan pada putaran II meningkat menjadi 29 siswa (80,55 %). 2) Siswa yang Mau menerima akibat dari perbuatannya sebelum dilakukan tindakan sebanyak 7 siswa (20,59%). Setelah dilakukan tindakan pada putaran I meningkat menjadi 14 siswa (38,89 %). Dan pada putaran II meningkat menjadi 33 siswa (91,67 %), dan siswa yang nilainya lebih dari KKM sebelum tindakan sebanyak 5 siswa (14,71%). Setelah dilakukan tindakan pada putaran I meningkat menjadi 10 siswa (27,78 %). Dan pada putaran II meningkat menjadi 30 siswa (83,33%). Berdasarkan uraian diatas disimpulkan bahwa penerapan strategi pembelajaran Course Review Hooray dalam pembelajaran matematika dapat meningkatkan tanggung jawab dan prestasi belajar matematika.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | tanggung jawab, prestasi belajar, Course, Review Hooray |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mulyadi Mulyadi |
Date Deposited: | 04 Aug 2012 06:11 |
Last Modified: | 04 Aug 2012 06:11 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/19444 |
Actions (login required)
View Item |