Irawan, Dhiki Yudha (2012) Pemetaan Tingkatan Aspek Kognitif Soal-Soal Buku Teks Matematika SMP Kelas VII. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (1MB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I_PENDAHULUAN.pdf Download (24kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II_LANDASAN_TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (34kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III_METODE_PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (29kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV_PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (119kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V_PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (13kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (16kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (662kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penyebaran soal-soal pada buku teks matematika SMP kelas VII yang ditinjau dari aspek kognitif. Penelitian dilakukan dengan cara memetakan soal pada buku teks ke tingkatan aspek kognitif. Aspek kognitif yang digunakan adalah aspek kognitif berdasarkan Survey of Enacted Curriculum (SEC). Ada 5 tingkatan aspek kognitif berdasarkan SEC yaitu Memorize, Perform Procedures, Demonstrate Understanding, Conjecture/Generalize/Prove, dan Solve Non-routine Problems. Hasil penelitian ini adalah pada buku berjudul ‘Pegangan Belajar Matematika untuk SMP/MTs Kelas VII’ terdapat soal pada tingkat Memorize sebesar 7,46%, Perform Procedures sebesar 68,66%, Demonstrate Understanding sebesar 22,39%, Conjecture/Generalize/Prove sebesar 1,49%, dan Solve Non-routine Problems sebesar 0%. Penyebaran soal pada buku berjudul ‘Buku Matematika Bermakna Untuk SMP/MTs Kelas VII adalah soal pada tingkat Memorize sebesar 30,90%, Perform Procedures sebesar 51,18%, Demonstrate Understanding sebesar 14,86%, Conjecture/Generalize/Prove sebesar 2,36%, dan Solve Non-routine Problems sebesar 0,71%. Penyebaran soal pada buku berjudul ‘Seribu Pena Untuk SMP/MTs Kelas VII Jilid 1’ adalah soal pada tingkat Memorize sebesar 20,24%, Perform Procedures sebesar 73,32%, Demonstrate Understanding sebesar 6,04%, Conjecture/Generalize/Prove sebesar 0,39%, dan Solve Non-routine Problems sebesar 0%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa soal pada tingkatan Perform Procedures lebih mendominasi. Sedangkan soal pada aspek Solve Nonroutine Problem adalah soal yang paling sedikit.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | soal, buku teks, kognitif, survey of enacted curriculum |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mulyadi Mulyadi |
Date Deposited: | 04 Aug 2012 05:48 |
Last Modified: | 04 Aug 2012 05:48 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/19440 |
Actions (login required)
View Item |