Pemetaan Tingkatan Aspek Kognitif Soal-Soal Buku Teks Matematika SMP Kelas VII

Irawan, Dhiki Yudha (2012) Pemetaan Tingkatan Aspek Kognitif Soal-Soal Buku Teks Matematika SMP Kelas VII. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I_PENDAHULUAN.pdf

Download (24kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II_LANDASAN_TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (34kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III_METODE_PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (29kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV_PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (119kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V_PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (13kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (16kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (662kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penyebaran soal-soal pada buku teks matematika SMP kelas VII yang ditinjau dari aspek kognitif. Penelitian dilakukan dengan cara memetakan soal pada buku teks ke tingkatan aspek kognitif. Aspek kognitif yang digunakan adalah aspek kognitif berdasarkan Survey of Enacted Curriculum (SEC). Ada 5 tingkatan aspek kognitif berdasarkan SEC yaitu Memorize, Perform Procedures, Demonstrate Understanding, Conjecture/Generalize/Prove, dan Solve Non-routine Problems. Hasil penelitian ini adalah pada buku berjudul ‘Pegangan Belajar Matematika untuk SMP/MTs Kelas VII’ terdapat soal pada tingkat Memorize sebesar 7,46%, Perform Procedures sebesar 68,66%, Demonstrate Understanding sebesar 22,39%, Conjecture/Generalize/Prove sebesar 1,49%, dan Solve Non-routine Problems sebesar 0%. Penyebaran soal pada buku berjudul ‘Buku Matematika Bermakna Untuk SMP/MTs Kelas VII adalah soal pada tingkat Memorize sebesar 30,90%, Perform Procedures sebesar 51,18%, Demonstrate Understanding sebesar 14,86%, Conjecture/Generalize/Prove sebesar 2,36%, dan Solve Non-routine Problems sebesar 0,71%. Penyebaran soal pada buku berjudul ‘Seribu Pena Untuk SMP/MTs Kelas VII Jilid 1’ adalah soal pada tingkat Memorize sebesar 20,24%, Perform Procedures sebesar 73,32%, Demonstrate Understanding sebesar 6,04%, Conjecture/Generalize/Prove sebesar 0,39%, dan Solve Non-routine Problems sebesar 0%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa soal pada tingkatan Perform Procedures lebih mendominasi. Sedangkan soal pada aspek Solve Nonroutine Problem adalah soal yang paling sedikit.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: soal, buku teks, kognitif, survey of enacted curriculum
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mulyadi Mulyadi
Date Deposited: 04 Aug 2012 05:48
Last Modified: 04 Aug 2012 05:48
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/19440

Actions (login required)

View Item View Item