Implementasi Model Pembelajaran Matematika Berbasis Discovery Method Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa (PTK di kelas VIII E Semester 2 SMP N 2 Gatak Tahun Ajaran 2011/2012)

Prihastomo, Bayu Dwi (2012) Implementasi Model Pembelajaran Matematika Berbasis Discovery Method Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa (PTK di kelas VIII E Semester 2 SMP N 2 Gatak Tahun Ajaran 2011/2012). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
Halaman_Depan_ok.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (22kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (53kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (37kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (110kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (19kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR__PUSTAKA.pdf

Download (9kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI_BAY.pdf

Download (666kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan siswa melalui implementasi model pembelajaran matematika berbasis Discovery Method. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam tiga siklus. Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas VIII E SMP Negeri 2 Gatak yang berjumlah 40 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, catatan lapangan, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan metode alur yaitu data dianalisis sejak tindakan pembelajaran dilaksanakan dan dikembangkan selama proses pembelajaran. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan: 1) Adanya peningkatan aktifitas mencatat atau membuat ringkasan ketika mengikuti pembelajaran dari 12,5% menjadi 45%. 2) Adanya peningkatan aktifitas siswa dalam mengajukan dan menjawab pertanyaan dari 10% menjadi 47,5%. 3) Adanya peningkatan mengemukakan ide dalam pembelajaran dari 5% menjadi 52,5%. 4) Adanya peningkatan siswa yang mengerjakan soal dan tugas dari 22,5% menjadi 62,5%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran matematika berbasis Discovery Method dapat meningkatkan keaktifan siswa dalam pembelajaran matematika. Kata kunci : Keaktif

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Keaktifan, Pembelajaran Matematika, Discovery Method.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mulyadi Mulyadi
Date Deposited: 03 Aug 2012 09:52
Last Modified: 03 Aug 2012 09:52
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/19434

Actions (login required)

View Item View Item