Prihastomo, Bayu Dwi (2012) Implementasi Model Pembelajaran Matematika Berbasis Discovery Method Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa (PTK di kelas VIII E Semester 2 SMP N 2 Gatak Tahun Ajaran 2011/2012). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
Halaman_Depan_ok.pdf Download (1MB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (22kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (53kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (37kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (110kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (19kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR__PUSTAKA.pdf Download (9kB) |
|
PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (9MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI_BAY.pdf Download (666kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan siswa melalui implementasi model pembelajaran matematika berbasis Discovery Method. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam tiga siklus. Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas VIII E SMP Negeri 2 Gatak yang berjumlah 40 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, catatan lapangan, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan metode alur yaitu data dianalisis sejak tindakan pembelajaran dilaksanakan dan dikembangkan selama proses pembelajaran. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan: 1) Adanya peningkatan aktifitas mencatat atau membuat ringkasan ketika mengikuti pembelajaran dari 12,5% menjadi 45%. 2) Adanya peningkatan aktifitas siswa dalam mengajukan dan menjawab pertanyaan dari 10% menjadi 47,5%. 3) Adanya peningkatan mengemukakan ide dalam pembelajaran dari 5% menjadi 52,5%. 4) Adanya peningkatan siswa yang mengerjakan soal dan tugas dari 22,5% menjadi 62,5%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran matematika berbasis Discovery Method dapat meningkatkan keaktifan siswa dalam pembelajaran matematika. Kata kunci : Keaktif
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Keaktifan, Pembelajaran Matematika, Discovery Method. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mulyadi Mulyadi |
Date Deposited: | 03 Aug 2012 09:52 |
Last Modified: | 03 Aug 2012 09:52 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/19434 |
Actions (login required)
View Item |