Peningkatan Partisipasi Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Pada Pokok Bahasan Bangun Ruang Sisi Datar Kubus Dan Balok Melalui Metode The Learning Cell (PTK Kelas VIII-A SMP Negeri 4 Jatisrono Tahun Ajaran 2011/2012)

Suharsih, Suharsih (2012) Peningkatan Partisipasi Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Pada Pokok Bahasan Bangun Ruang Sisi Datar Kubus Dan Balok Melalui Metode The Learning Cell (PTK Kelas VIII-A SMP Negeri 4 Jatisrono Tahun Ajaran 2011/2012). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (23kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (155kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (48kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (102kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (15kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (8kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRANS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (672kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan partisipasi belajar siswa pada bangun ruang sisi datar kubus dan balok dengan menggunakan Metode The Learning Cell. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas bersifat kolaboratif antara peneliti, guru matematika sebagai pelaku tindakan kelas, dan kepala sekolah sebagai subjek yang membantu dalam perencanaan dan pengumpulan data. Subjek penelitian yang dikenai tindakan adalah Siswa Kelas VIII A SMP Negeri 4 Jatisrono yang berjumlah 30 siswa. Data dikumpulkan melalui metode observasi, catatan lapangan dan dokumentasi. Analisis data secara deskriptif kualitatif dengan metode alur. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan partisipasi belajar siswa dalam pembelajaran matematika. Hal ini dapat dilihat dari partisipasi siswa dalam: 1) bertanya yang belum jelas sebelum dilakukan tindakan sebesar 13,33% dan setelah tindakan sebesar 86,66 %, 2) menyampaikan ide sebelum tindakan sebesar 3,33% dan setelah tindakan sebesar 53,33%, 3) antusiasme dalam mengerjakan soal-soal latihan sebelum tindakan sebesar 53,33% dan setelah tindakan sebesar 93,33%, 4) menarik kesimpulan sebelum tindakan sebesar 6,67% dan setelah tindakan sebesar 60%. Kesimpulan penelitian ini adalah Metode The Learning Cell dalam pembelajaran matematika dapat meningkatkan patisipasi belajar siswa

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: partisipasi, the learning cell, pembelajaran matematika
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mulyadi Mulyadi
Date Deposited: 03 Aug 2012 09:30
Last Modified: 03 Aug 2012 09:30
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/19433

Actions (login required)

View Item View Item