Realisasi Tindak Tutur Representatif Dan Direktif Guru Dan Anak Didik Di TK 02 Jatiwarno, Kecamatan Jatipuro, Kabupaten Karangannyar

Handayani, Puji (2012) Realisasi Tindak Tutur Representatif Dan Direktif Guru Dan Anak Didik Di TK 02 Jatiwarno, Kecamatan Jatipuro, Kabupaten Karangannyar. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (402kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (18kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (35kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (23kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (138kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (12kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAPUS.pdf

Download (9kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (380kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (410kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan bentuk tindak tutur representatif dan direktif dalam tuturan guru dan anak didik di TK 02 Jatiwarno, kecamatan Jatipuro, kabupaten Karanganyar, (2) mengidentifikasi strategi yang digunakan penutur dalam mengungkapkan tindak tutur representatif dan direktif dalam tuturan guru dan anak didik di TK 02 Jatiwarno, kecamatan Jatipuro, kabupaten Karanganyar. Objek penelitian ini berupa tindak tutur representatif dan direktif guru dan anak didik di TK 02 Jatiwarno, kecamatan Jatipuro, kabupaten Karangannyar dalam proses belajar mengajar. Sumber data penelitian ini berupa sumber data lisan, tuturan yang dihasilkan guru dan anak didik. Data dalam penelitian ini berupa tuturan yang dihasilkan oleh guru dan anak didik yang mengandung tindak tutur representatif dan direktif dalam proses belajar mengajar. Penelitian dilakukan dengan menggunakan teknik simak, rekam, dan catat. Analisis data menggunakan metode padan pragmatis karena alat penentunya mitra wicara. Hasil penelitian ini yakni tindak tutur representatif yang digunakan yakni menyatakn, menegaskan, melaporkan, menyimpulkan, mengusulkan, menyetujui, dan menjawab. Tindak tutur direktif yang digunakan yakni meminta, menyuruh, mengingatkan, memerintah, mengarahkan, mengajak, menganjurkan, menegur, menyarankan, dan melarang. Strategi tuturan yang digunakan secara langsung dan tidak langsung. Adapun strategi yang digunakan cenderung ke dalam strategi tindak tutur langsung.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: tindak tutur representatif, tindak tutur direktif, strategi tindak tutur.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 03 Aug 2012 06:28
Last Modified: 03 Aug 2012 06:28
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/19430

Actions (login required)

View Item View Item