Handayani, Puji (2012) Realisasi Tindak Tutur Representatif Dan Direktif Guru Dan Anak Didik Di TK 02 Jatiwarno, Kecamatan Jatipuro, Kabupaten Karangannyar. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (402kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (18kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (35kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (23kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Registered users only Download (138kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (12kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAPUS.pdf Download (9kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (380kB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (410kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan bentuk tindak tutur representatif dan direktif dalam tuturan guru dan anak didik di TK 02 Jatiwarno, kecamatan Jatipuro, kabupaten Karanganyar, (2) mengidentifikasi strategi yang digunakan penutur dalam mengungkapkan tindak tutur representatif dan direktif dalam tuturan guru dan anak didik di TK 02 Jatiwarno, kecamatan Jatipuro, kabupaten Karanganyar. Objek penelitian ini berupa tindak tutur representatif dan direktif guru dan anak didik di TK 02 Jatiwarno, kecamatan Jatipuro, kabupaten Karangannyar dalam proses belajar mengajar. Sumber data penelitian ini berupa sumber data lisan, tuturan yang dihasilkan guru dan anak didik. Data dalam penelitian ini berupa tuturan yang dihasilkan oleh guru dan anak didik yang mengandung tindak tutur representatif dan direktif dalam proses belajar mengajar. Penelitian dilakukan dengan menggunakan teknik simak, rekam, dan catat. Analisis data menggunakan metode padan pragmatis karena alat penentunya mitra wicara. Hasil penelitian ini yakni tindak tutur representatif yang digunakan yakni menyatakn, menegaskan, melaporkan, menyimpulkan, mengusulkan, menyetujui, dan menjawab. Tindak tutur direktif yang digunakan yakni meminta, menyuruh, mengingatkan, memerintah, mengarahkan, mengajak, menganjurkan, menegur, menyarankan, dan melarang. Strategi tuturan yang digunakan secara langsung dan tidak langsung. Adapun strategi yang digunakan cenderung ke dalam strategi tindak tutur langsung.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | tindak tutur representatif, tindak tutur direktif, strategi tindak tutur. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 03 Aug 2012 06:28 |
Last Modified: | 03 Aug 2012 06:28 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/19430 |
Actions (login required)
View Item |