Susanti, Yovita Ari (2012) Konstribusi Kreativitas Siswa Dan Persepsi Peluang Kerja Terhadap Minat Berwirausaha Pada Siswa Kelas XI Jurusan Akuntansi SMK Negeri 1 Banyudono Tahun Ajaran 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
03._HALAMAN_DEPAN.pdf Download (9MB) |
|
|
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf Download (168kB) |
|
PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (238kB) |
||
PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (407kB) |
||
PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (304kB) |
||
PDF (Bab V)
08._BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (87kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
09._DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (176kB) |
|
|
PDF (Lampiran)
10._LAMPIRAN.pdf Download (3MB) |
|
|
PDF (Naskah Publikasi)
02._NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (3MB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Mengetahui ada tidaknya kontribusi faktor kreativitas terhadap minat berwirausaha pada siswa kelas XI jurusan akuntansi SMK N 1 Banyudono tahun ajaran 2011/2012; 2) Mengetahui ada tidaknya kontribusi faktor persepsi peluang kerja terhadap minat berwirausaha pada siswa kelas XI jurusan akuntansi SMK N 1 Banyudono tahun ajaran 2011/2012; 3) Mengetahui ada tidaknya kontribusi faktor kreativitas dan persepsi peluang kerja terhadap dengan minat berwirausaha secara bersama-sama pada siswa kelas XI jurusan akuntansi SMK N 1 Banyudono tahun ajaran 2011/2012. Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif kuantitatif dengan penarikan kesimpulan melalui analisis statistik. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI Jurusan Akuntansi SMK N 1 Banyudono tahun ajaran 2011/2012. Sampel diambil sebanyak 75 siswa. Data yang diperlukan diperoleh melalui angket dan dokumentasi. Angket sebelumnya diujicobakan dan diuji validitas serta diuji reliabilitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berberganda, uji F, uji t, uji R2, dan sumbangan relatif dan efektif. Hasil analisis regresi memperoleh persamaan garis regresi: Y = 12,048 + 0,559X1 + 0,244X2. Persamaan menunjukkan bahwa minat berwirausaha dipengaruhi oleh kreativitas siswa dan persepsi peluang kerja. Kesimpulan yang diambil adalah: 1) Kreativitas siswa berpengaruh signifikan terhadap minat berwirausaha pada siswa kelas XI Jurusan Akuntansi SMK N 1 Banyudono, dapat diterima. Hal ini berdasarkan analisis regresi linier berganda (uji t) diketahui bahwa thitung > ttabel, yaitu 4,322 > 1,993 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,000 dengan sumbangan efektif sebesar 25,2%; 2) Persepsi peluang kerja berpengaruh signifikan terhadap minat berwirausaha pada siswa kelas XI Jurusan Akuntansi SMK N 1 Banyudono, dapat diterima. Hal ini berdasarkan analisis regresi linier berganda (uji t) diketahui bahwa thitung > ttabel, yaitu 2,380 > 1,993 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,020, dengan sumbangan efektif sebesar 10,8%; 3) Kreativitas siswa dan persepsi peluang kerja berpengaruh signifikan terhadap minat berwirausaha pada siswa kelas XI Jurusan Akuntansi SMK N 1 Banyudono, dapat diterima. Hal ini berdasarkan analisis variansi regresi linier berganda (uji F) diketahui bahwa Fhitung > Ftabel, yaitu 20,289 > 3,124 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,000; 4) Hasil uji koefisien determinasi (R2) sebesar 0,360 menunjukkan bahwa besarnya pengaruh kreativitas siswa dan persepsi peluang kerja terhadap minat berwirausaha pada siswa kelas XI Jurusan Akuntansi SMK N 1 Banyudono, adalah sebesar 36% sedangkan 64% sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kreativitas Siswa, Persepsi Peluang Kerja dan Minat Berwirausaha |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 02 Aug 2012 10:50 |
Last Modified: | 02 Aug 2012 10:50 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/19423 |
Actions (login required)
View Item |