Lisnawati, Dwi Ermania (2012) Penerapan Model Pembelajaran Numbered Heads Together Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Ekonomi Pada Siswa Kelas VII B SMP Negeri 2 Mantingan Tahun Ajaran 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
02._Halaman_Depan.pdf Download (3MB) |
|
|
PDF (Bab I)
03._BAB_I.pdf Download (615kB) |
|
PDF (Bab II)
04._BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (647kB) |
||
PDF (Bab III)
05._BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (626kB) |
||
PDF (Bab IV)
06._BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (984kB) |
||
PDF (Bab V)
07._BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (548kB) |
||
PDF (Daftar Pustaka)
08._Daftar_Pustaka.pdf Restricted to Repository staff only Download (545kB) |
||
PDF (Lampiran)
09._Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
11._Naskah_Publikasi.pdf Download (3MB) |
Abstract
Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah meningkatkan aktivitas dan hasil belajar ekonomi siswa setelah menerapkan model pembelajaran Numbered Heads Together (NHT). Pendekatan penelitian pada penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan desain Penelitian Tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan di SMP N 2 Mantingan dengan subjek penerima tindakan adalah siswa kelas VII B yang berjumlah 23 siswa. Data dikumpulkan melalui teknik observasi, catatan lapangan, dan dokumentasi. Data dianalisis secara kualitatif, kemudian hasil analisis tersebut disajikan secara deskriptif untuk penarikan kesimpulan. Data hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas pembelajaran ekonomi siswa mengalami peningkatan yaitu peningkatan aktivitas dan hasil belajar ekonomi siswa. Hal ini dapat dilihat dari aktivitas siswa selama pembelajaran berlangsung sebagai berikut: 1) sebelum tindakan aktivitas siswa sebesar 43,47% 2) tindakan siklus I aktivitas siswa sebesar 68,47% 3) tindakan siklus II aktivitas siswa sebesar 78,25%. Sedangkan peningkatan hasil belajar yang dicapai siswa selama pembelajaran berlangsung sebagai berikut: 1) sebelum tindakan hasil belajar siswa yang tuntas Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) (75) sebesar 39,13% 2) tindakan siklis I hasil belajar siswa yang tuntas Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) meningkat sebesar 65,21% 3) tindakan siklus II hasil belajar siswa yang tuntas Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) meningkat sebesar 82,60%. Dari data hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model belajar Numbered Heads Together dalam pembelajaran ekonomi dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Numbered Heads Together, hasil belajar, aktivitas siswa. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 02 Aug 2012 08:47 |
Last Modified: | 02 Aug 2012 08:47 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/19417 |
Actions (login required)
View Item |