Prastiti, Martharita Catur (2012) Prestasi Belajar Ekonomi Ditinjau Dari Keaktifan Dan Kreativitas Siswa Pada Siswa Kelas VIII SMP Muhammadiyah 4 Surakarta Tahun Ajaran 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
03._HALAMAN_DEPAN.pdf Download (29MB) |
|
|
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf Download (121kB) |
|
PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (164kB) |
||
PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (276kB) |
||
PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (182kB) |
||
PDF (Bab V)
08._BAB_V_rita.pdf Restricted to Repository staff only Download (60kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
09._DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (51kB) |
|
PDF (Lampiran)
10._LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (58MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
02._NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (14MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui 1) keaktifan siswa terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 4 Surakarta. 2) pengaruh kreativitas terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 4 Surakarta. 3) pengaruh keaktifan siswa dan kreativitas secara bersama-sama terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 4 Surakarta. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Penelitian ini mengambil lokasi di SMP Muhammadiyah 4 Surakarta. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa-siswi kelas VIII SMP Muhammadiyah 4 Surakarta angkatan 2011/2012 yang bejumlah 163 siswa. Sampel diambil sebanyak 110 orang mahasiswa dengan teknik proportional random sampling cara undian. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear ganda, uji keberartian regresi linear ganda (uji F) dan uji keberartian koefisien regresi linier ganda (uji t), selain itu dilakukan pula perhitungan sumbangan relatif dan sumbangan efektif. Kesimpulan penelitian ini adalah 1) Keaktifan berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar. Berdasarkan uji t diperoleh thitung > ttabel, yaitu 5,110 > 1,982 dan nilai probabilitas signifikansi < 0,05, yaitu 0,000. 2) Kreativitas berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar. Berdasarkan uji t diperoleh thitung > ttabel, yaitu 4,740 > 1,982 dan nilai probabilitas signifikansi < 0,05, yaitu 0,000. 3) Keaktifan dan kreativitas secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar mata pelajaran ekonomi. Berdasarkan uji F diketahui bahwa H0 ditolak, karena Fhitung > Ftabel, yaitu 30,791 > 3,081 dan nilai probabilitas signifikansi < 0,05, yaitu 0,000. 4) Variabel keaktifan memberikan sumbangan efektif 19,4%. Variabel kreativitas memberikan sumbangan efektif 17,1%, jadi total sumbangan efektif adalah sebesar 36,5%, sedangkan 63,5% sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | keaktifan, kreativitas dan prestasi belajar. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 02 Aug 2012 08:19 |
Last Modified: | 02 Aug 2012 08:19 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/19416 |
Actions (login required)
View Item |