Ratnasari, Dewi (2012) Analisis Lingkungan Pergaulan Dan Gaya Belajar Siswa Dengan Prestasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Teras Boyolali Tahun Ajaran 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
02._Halaman_Depan.pdf Download (1MB) |
|
|
PDF (Bab I)
03._BAB_I.pdf Download (87kB) |
|
PDF (Bab II)
04._BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (142kB) |
||
PDF (Bab III)
05._BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (261kB) |
||
PDF (Bab IV)
06._BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (223kB) |
||
PDF (Bab V)
07._BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (13kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (88kB) |
|
PDF (Lampiran)
09._Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
11._NASKAH_PUBLIKASINE_DEWI_RATNASARI.pdf Download (1MB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Untuk mengetahui pengaruh lingkungan pergaulan terhadap prestasi belajar akuntansi siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Teras Boyolali tahun ajaran 2011/2012; 2) Untuk mengetahui pengaruh gaya belajar siswa terhadap prestasi belajar akuntansi siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Teras Boyolali tahun ajaran 2011/2012; 3) Untuk mengetahui pengaruh lingkungan pergaulan dan gaya belajar siswa terhadap prestasi belajar akuntansi siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Teras Boyolali tahun ajaran 2011/2012. Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif kuantitatif dengan penarikan kesimpulan melalui analisis statistik. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Teras Boyolali tahun ajaran 2011/2012. Sampel diambil sebanyak 89 siswa. Data yang diperlukan diperoleh melalui angket dan dokumentasi. Angket sebelumnya diujicobakan dan diuji validitas serta diuji reliabilitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda, uji F, uji t, uji R2, dan sumbangan relatif dan efektif. Hasil analisis regresi memperoleh persamaan garis regresi: Y = 9.504 + 0,465X1 + 0,255X2. Persamaan menunjukkan bahwa hasil prestasi belajar akuntansi siswa dipengaruhi oleh lingkungan pergaulan dan gaya belajar siswa. Kesimpulan yang diambil adalah: 1) Ada pengaruh lingkungan pergaulan terhadap prestasi belajar akuntansi siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Teras Boyolali tahun ajaran 2011/2012. Hal ini berdasarkan analisis regresi linier ganda (uji t) diketahui bahwa thitung > ttabel, yaitu 3,858 > 1,988 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,000 dengan sumbangan efektif sebesar 19%; 2) Ada pengaruh gaya belajar siswa terhadap prestasi belajar akuntansi siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Teras Boyolali tahun ajaran 2011/2012. Hal ini berdasarkan analisis regresi linier ganda (uji t) diketahui bahwa thitung > ttabel, yaitu 2,089 > 1,988 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,040, dengan sumbangan efektif sebesar 8,1%; 3) Ada pengaruh lingkungan pergaulan dan gaya belajar siswa terhadap prestasi belajar akuntansi siswa. Hal ini berdasarkan analisis variansi regresi linier ganda (uji F) diketahui bahwa Fhitung > Ftabel, yaitu 16,019 > 3,103 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,000. Dengan koefisien determinasi yang diperoleh sebesar 0,271. 4) Hasil uji koefisien determinasi (R2) sebesar 0,271 menunjukkan bahwa besarnya pengaruh antara lingkungan pergaulan dan gaya belajar siswa terhadap prestasi belajar akuntansi siswa adalah sebesar 27,1%, sedangkan 72,9% sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Lingkungan pergaulan, Gaya belajar siswa, Prestasi belajar akuntansi siswa |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 01 Aug 2012 09:59 |
Last Modified: | 01 Aug 2012 09:59 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/19406 |
Actions (login required)
View Item |