Widowati, Wiji (2012) Peningkatan Keterampilan Menulis Karangan Narasi Melalui Pengalaman Pribadi Dengan Metode Kontruktivisme Pada Siswa Kelas X 2 SMA Negeri 01 Pulokulon Grobogan Tahun Ajaran 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
03_HALAMAN_DEPAN.pdf Download (573kB) |
|
|
PDF (Bab I)
04_BAB_I.pdf Download (134kB) |
|
PDF (Bab II)
05_BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (191kB) |
||
PDF (Bab III)
06_BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (175kB) |
||
PDF (Bab IV)
07_BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (479kB) |
||
PDF (Bab V)
08_BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (127kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
09_DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (118kB) |
|
PDF (Lampiran)
10_LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
|
PDF (Naskah PublikasiLampiran)
02_NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (556kB) |
Abstract
Tujuan Penelitian ini adalah meningkatkan keterampilan menulis karangan narasi melalui pengalaman pribadi dengan metode kontruktivisme dan meningkatkan keaktifan siswa dalam pembalajaran menulis karangan narasi dengan menggunakan metode pembelajaran kontruktivisme. Lokasi penelitian ini berada di SMA Negeri 01 Pulokulon Grobogan. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Data dalam penelitian ini adalah karangan narasi siswa kelas X 2. Sumber data dalam penelitian ini berasal dari guru bahasa Indonesia dan siswa kelas X 2. Teknik pengumpulan data penelitian ini dengan observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah teknik analisis interaktif. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan (1) menggunakan metode kontruktivisme dapat meningkatkan keterampilan menulis karangan narasi pada siswa kelas X 2 SMA Negeri 01 Pulokulon Grobogan. Pada siklus I nilai rata-rata yang dicapai 70,08. Pada siklus II meningkat menjadi 74,52 dan pada siklus III terjadi peningkatan yang signifikan mencapai 88,64 (2) metode pembelajaran kontruktivisme dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa. Hal ini dapat dilihat pada keaktifan siswa bertanya siklus I17,65% siklus II 23,52% Siklus III 32,40% dan keaktifan menjawab pertanyaan terjadi peningkatan dari siklus I 17,64% siklus II 20,58% siklus III 38,24%
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Karangan Narasi, metode pembelajaran kontruktivisme, Penelitian Tindakan Kelas (PTK) |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 31 Jul 2012 10:39 |
Last Modified: | 31 Jul 2012 10:39 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/19389 |
Actions (login required)
View Item |