Wahyu K, Eka (2012) Muatan Pendidikan Nilai: Perspektif Pendidikan Kewarganegaraan (Analisis Semiotik Terhadap Film Kartun Upin dan Ipin). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
02._HALAMAN_DEPAN.pdf Download (3MB) |
|
|
PDF (Bab I)
03._BAB_I.pdf Download (67kB) |
|
PDF (Bab II)
04._BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (195kB) |
||
PDF (Bab III)
05._BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (120kB) |
||
PDF (Bab IV)
06._BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (406kB) |
||
PDF (Bab V)
07._BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (58kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (94kB) |
|
PDF (Lampiran)
09._LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (441kB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
11._NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (13MB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menggambarkan muatan pendidikan nilai yang ada dalam film kartun Upin dan Ipin pada tema berpuasa bersama kawan baru dalam perspektif Pendidikan Kewarganegaraan. Penelitian ini menggunakan sumber data primer dan sekunder, sumber data primer dalam penelitian ini adalah film Kartun Upin dan Ipin dalam format VCD sedangkan sumber data sekunder dalam penelitian ini adalah artikel dari internet berkenaan dengan sinopsis film kartun Upin dan Ipin. Strategi penelitian ini menggunakan pendekatan semiotika, yaitu metode untuk menganalisis dan menginterpretasikan data atau tanda yang berupa teks media. Teknik pengumpulan data yang dilakukan melalui observasi, dokumentasi, studi pustaka. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan analisis semiotika yang menekankan pada analisis teks, yang digunakan untuk mengetahui makna yang terkandung dalam film kartun Upin dan Ipin melalui kajian tanda dalam setiap adegan maupun dialog dalam film kartun Upin dan Ipin. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa gambar, dialog dan alur cerita film mengandung pendidikan nilai. Dengan demikian pendidikan nilai dalam perspektif PKn merupakan hal yang penting, dikarenakan target utama pendidikan nilai adalah membangun kesadaran-kesadaran yang mendalam.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pendidikan Nilai, Anlisis Semiotik Perspektif Pendidikan Kewarganegaraan |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kewarganegaraan |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 31 Jul 2012 10:01 |
Last Modified: | 31 Jul 2012 10:01 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/19387 |
Actions (login required)
View Item |