Muatan Pendidikan Nilai: Perspektif Pendidikan Kewarganegaraan (Analisis Semiotik Terhadap Film Kartun Upin dan Ipin)

Wahyu K, Eka (2012) Muatan Pendidikan Nilai: Perspektif Pendidikan Kewarganegaraan (Analisis Semiotik Terhadap Film Kartun Upin dan Ipin). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
02._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (3MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
03._BAB_I.pdf

Download (67kB)
[img] PDF (Bab II)
04._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (195kB)
[img] PDF (Bab III)
05._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (120kB)
[img] PDF (Bab IV)
06._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (406kB)
[img] PDF (Bab V)
07._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (58kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (94kB)
[img] PDF (Lampiran)
09._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (441kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
11._NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (13MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menggambarkan muatan pendidikan nilai yang ada dalam film kartun Upin dan Ipin pada tema berpuasa bersama kawan baru dalam perspektif Pendidikan Kewarganegaraan. Penelitian ini menggunakan sumber data primer dan sekunder, sumber data primer dalam penelitian ini adalah film Kartun Upin dan Ipin dalam format VCD sedangkan sumber data sekunder dalam penelitian ini adalah artikel dari internet berkenaan dengan sinopsis film kartun Upin dan Ipin. Strategi penelitian ini menggunakan pendekatan semiotika, yaitu metode untuk menganalisis dan menginterpretasikan data atau tanda yang berupa teks media. Teknik pengumpulan data yang dilakukan melalui observasi, dokumentasi, studi pustaka. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan analisis semiotika yang menekankan pada analisis teks, yang digunakan untuk mengetahui makna yang terkandung dalam film kartun Upin dan Ipin melalui kajian tanda dalam setiap adegan maupun dialog dalam film kartun Upin dan Ipin. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa gambar, dialog dan alur cerita film mengandung pendidikan nilai. Dengan demikian pendidikan nilai dalam perspektif PKn merupakan hal yang penting, dikarenakan target utama pendidikan nilai adalah membangun kesadaran-kesadaran yang mendalam.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Nilai, Anlisis Semiotik Perspektif Pendidikan Kewarganegaraan
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kewarganegaraan
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 31 Jul 2012 10:01
Last Modified: 31 Jul 2012 10:01
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/19387

Actions (login required)

View Item View Item