Sulistiani, Rina (2012) Peningkatan Kemampuan Menulis Paragraf Deskripsi Siswa Kelas X.3 SMA Muhammadiyah 1 Pekajangan di Pekalongan melalui Metode Widyawisata Tahun Ajaran 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
02._HALAMAN_DEPAN.pdf Download (518kB) |
|
|
PDF (Bab I)
03._BAB_I.pdf Download (237kB) |
|
PDF (Bab II)
04._BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (251kB) |
||
PDF (Bab III)
05._BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (209kB) |
||
PDF (Bab IV)
06._BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (355kB) |
||
PDF (Bab V)
07._BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (144kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (227kB) |
|
PDF (Lampiran)
09._LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (8MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
11._JURNAL_PUBLIKASI.pdf Download (459kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan : (1) kualitas proses pembelajaran menulis paragraf deskripsi siswa kelas X.3 SMA Muhammadiyah 1 Pekajangan di Pekalongan Tahun Ajaran 2011/2012 dengan menerapkan metode widyawisata; (2) kualitas hasil pembelajaran menulis paragraf deskripsi siswa kelas X.3 SMA Muhammadiyah 1 Pekajangan di Pekalongan Tahun Ajaran 2011/2012 dengan menerapkan metode widyawisata. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan di SMA Muhammadiyah 1 Pekajangan di Pekalongan dengan subjek penelitian siswa dan guru Bahasa Indonesia kelas X.3 SMA Muhammadiyah 1 Pekajangan di Pekalongan. Objek penelitian adalah proses pembelajaran menulis paragraf di kelas X.3 SMA Muhammadiyah 1 Pekajangan di Pekalongan , khususnya menulis paragraf deskripsi. Teknik pengumpulan data diambil dari observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini dengan cara deskriptif kualitatif terdiri dari tiga tahap analisis yaitu: reduksi data, paparan data dan penyimpulan. Hasil penelitian menyimpulkan: (1) Ada peningkatan kualitas proses dalam pembelajaran menulis paragraf deskripsi. Hal ini ditandai dengan peningkatan persentase keaktifan dalam pembelajaran menulis paragraf deskripsi. Pada prasiklus siswa yang aktif 42% atau 15 siswa, siklus I siswa yang aktif terhadap pembelajaran sebesar 75% atau 27 siswa. Selanjutnya pada siklus II siswa yang aktif terhadap pembelajaran sebesar 83% atau 30 siswa. (2) Ada peningkatan kualitas hasil dalam pembelajaran menulis paragraf deskripsi. Hal ini ditandai dengan meningkatnya perolehan nilai menulis paragraf deskripsi. Pada saat prasiklus ada 47% atau 17 siswa nilai yang tuntas, siklus I ketuntasan nilai siswa meningkat menjadi 78% atau 28 siswa yang nilainya tuntas. Siklus II ini mengalami peningkatan yang paling besar ada 94% atau 34 siswa yang nilainya tuntas
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | menulis, deskripsi, metode widyawisata, penelitian tindakan kelas (PTK) |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah |
Depositing User: | Mulyadi Mulyadi |
Date Deposited: | 31 Jul 2012 08:47 |
Last Modified: | 31 Jul 2012 08:47 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/19385 |
Actions (login required)
View Item |