Utami, Aulia Putri (2012) Implementasi Pendidikan Karakter Pada Proses Pembelajaran PKn Kelas X SMA (Studi Kasus Di SMA Muhammadiyah 4 Kartasura Tahun Pelajaran 2011/2012). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
02._Halaman_Depan.pdf Download (28MB) |
|
|
PDF (Bab I)
03._BAB_I.pdf Download (235kB) |
|
PDF (Bab II)
04._BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (296kB) |
||
PDF (Bab III)
05._BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (249kB) |
||
PDF (Bab IV)
06._BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (285kB) |
||
PDF (Bab V)
07._BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (91kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
08._Daftar_Pustaka.pdf Download (651kB) |
|
PDF (Lampiran)
09._Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (27MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
11._Naskah_Publikasi.pdf Download (28MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mendiskripsikan ciri-ciri materi pendidikan karakter pada mata pelajaran PKn kelas X SMA Muhammadiyah 4 Kartasura tahun pelajaran 2011/2012, 2) Mendiskripsikan implementasi pendidikan karakter pada proses pembelajaran PKn kelas X SMA Muhammadiyah 4 Kartasura tahun pelajaran 2011/2012. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif, penelitian ini juga merupakan penelitian kualitatif, yaitu penelitian yang memanfaatkan diri peneliti sebagai instrumen utama. Penelitian ini menggunakan dua macam trianggulasi, yaitu: 1) trianggulasi teknik atau metode pengumpulan data yang berasal dari hasil wawancara, observasi, dan dokumen, 2) trianggulasi sumber data yang berupa informasi dari tempat, peristiwa dan dokumen serta arsip yang memuat catatan yang berkaitan dengan data yang dimaksudkan. Berdasarkan hasil penelitian mengenai Implementasi Pendidikan Karakter pada Proses Pembelajaran PKn Kelas X SMA (Studi Kasus Di SMA Muhammadiyah 4 Kartasura Tahun Pelajaran 2011/2012) dapat ditarik kesimpulan : 1) Materi pendidikan karakter yang terkandung dalam buku PKn karangan Budiyanto untuk kelas X ialah; hakikat bangsa dan negara, sistem hukum dan peradilan nasional, pemajuan, penghormatan, dan perlindungan hak asasi manusia, hubungan dasar Negara dan konstitusi, persamaan kedudukan warganegara, sistem politik Indonesia. 2) Pendidikan karakter yang terkandung dalam silabus dan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), meliputi; religious, kreatif, semangat kebangsaan, disiplin, kerjasama, tanggung jawab, demokratis, percaya diri, menghargai keragaman, sadar akan hak dan kewajiban. 3) Solusi dari masalah kurangnya semangat dan kesiapan siswa dalam mengikuti proses pembelajaran adalah dengan memulai kegiatan pembelajaran dengan menjelaskan SK, KD serta pesan pendidikan karakter yang terkandung dalam sub materi yang akan diajarkan dan memberikan strategi pengajaran yang sesuai dengan materi dan karakteristik siswa.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | implementasi, pendidikan karakter, proses pembelajaran |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kewarganegaraan |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 31 Jul 2012 06:27 |
Last Modified: | 31 Jul 2012 06:28 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/19376 |
Actions (login required)
View Item |