Peningkatan Hasil Belajar Ips Melalui Strategi Learning Start With A Question Pada Siswa Kelas VIII SMP Pemdes Genengadal, Purwodadi-Grobogan Tahun Ajaran 2011/2012

Widyaningtyas, Khusnul Kusuma (2012) Peningkatan Hasil Belajar Ips Melalui Strategi Learning Start With A Question Pada Siswa Kelas VIII SMP Pemdes Genengadal, Purwodadi-Grobogan Tahun Ajaran 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
03_HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (588kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
04_BAB_I.pdf

Download (315kB)
[img] PDF (Bab II)
05_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (360kB)
[img] PDF (Bab III)
06_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (337kB)
[img] PDF (Bab IV)
07_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (299kB)
[img] PDF (Bab V)
08_BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (235kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
09_DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (628kB)
[img] PDF (Lampiran)
10_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
02_NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (384kB)

Abstract

Tujuan Penelitian Tindakan Kelas ini adalah dengan penerapan strategi pembelajaran Learning Start With a Question dapat meningkatkan hasil belajar dalam proses pembelajaran IPS pada siswa kelas VIII SMP Pemdes Genengadal /tahun ajaran 2011/2012. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Prosedur penelitian ini terdiri dari dua siklus. Tiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskreptif kualitatif dengan cara menganalisis perkembangan dari siklus I sampai siklus II. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan rata-rata penilaian hasil belajar siswa yaitu: pra tindakan 59,9 siklus I 68,5 siklus II 80,3 dengan prosentase peningkatan dari pra tindakan menuju siklus I sebesar 14,6% dan dari siklus I menuju siklus II 17,9%. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa strategi pembelajaran Learning Start With a Question dapat meningkatkan hasil belajar dalam proses pembelajaran IPS pada siswa kelas VIII SMP Pemdes Genengadal tahun ajaran 201/2012.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Peningkatan, Hasil belajar, Learning Start With a Question
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 30 Jul 2012 10:58
Last Modified: 30 Jul 2012 10:58
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/19375

Actions (login required)

View Item View Item