Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Dengan Metode Word Square Pada Siswa Kelas IV SDN I Joho Kecamatan Pracimantoro Wonogiri Tahun Ajaran 2011/2012

Cahyani, Dian (2012) Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Dengan Metode Word Square Pada Siswa Kelas IV SDN I Joho Kecamatan Pracimantoro Wonogiri Tahun Ajaran 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
02._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (237kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
03._BAB_I.pdf

Download (29kB)
[img] PDF (Bab II)
04._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (121kB)
[img] PDF (Bab III)
05._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (60kB)
[img] PDF (Bab IV)
06._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Bab V)
07._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (45kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (12kB)
[img] PDF (Lampiran)
09._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
11._NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (295kB)

Abstract

Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan prosedur kerja dilaksanakan 2 (dua) siklus terdiri dari empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa khususnya mata pelajaran IPA kelas IV SD Negeri I Joho Kecamatan Pracimantoro Kabupaten Wonogiri Tahun 2011/2012 melalui penerapan metode pembelajaran Word Square pada materi pokok gaya. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subyek penelitian ini adalah guru dan 13 siswa kelas IV SD Negeri I Joho Kecamatan Pracimantoro Kabupaten Wonogiri. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua (2) siklus. Hasil penelitian sebelum pelaksanaan siklus diperoleh hasil bahwa sebesar 38,46% (5 siswa) mendapat nilai ≥65 (KKM) dari 13 siswa. Dalam pelaksanaan siklus I hasil belajar siswa meningkat menjadi 61,54% (8 siswa) mendapat nilai  65 (KKM) dari 13 siswa. Pada pelaksanaan siklus II hasil belajar siswa mengalami peningkatan sebesar 23,08% dari siklus I menjadi 84,62% (11 siswa) mendapat nilai ≥ 65 (KKM) dari 13 siswa. Berdasarkan penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan metode pembelajaran Word Square dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas IV SD Negeri I Joho Kecamatan Pracimantoro Kabupaten Wonogiri Tahun Ajaran 2011/2012.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: metode pembelajaran word square, hasil belajar.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 27 Jul 2012 06:22
Last Modified: 27 Jul 2012 06:29
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/19337

Actions (login required)

View Item View Item