Lestari, Siti (2012) Peningkatan Motivasi Belajar Matematika Melalui Metode Pembelajaran Berbasis Joyful Learning Pada Siswa Kelas IV SDN 2 Pulokulon Grobogan Tahun 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (702kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (121kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (228kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (250kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (419kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (64kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (90kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (454kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan motivasi belajar Matematika melalui metode pembelajaran berbasis Joyful Learning. Jenis penelitian ini adalah PTK (penelitian tindakan kelas). Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas IV SD N 2 Pulokulon, Grobogan yang berjumlah 31 siswa. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan langkah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan motivasi dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran Matematika pada materi penjumlahan bilangan pecahan. Hal ini dapat dilihat dari perolehan indikator pencapaian motivasi. Indikator pencapaian motivasi pada siklus akhir yaitu siklus II yaitu: 1) Siswa yang mempunyai keinginan untuk berhasil 87,09 %, 2) Siswa yang mempunyai dorongan dalam belajar 45,16%, 3) Siswa yang mempunyai harapan dan cita-cita masa depan 100 %, 4) siswa yang tertarik dengan kegiatan pembelajaran 100% 5) Siswa yang merasa nyaman dengan lingkungan belajar 90,32%, 6) Siswa yang senang belajar Matematika 83,87%, 7) Siswa yang memperhatikan penjelasan guru 96,77%, 8) Siswa yang mengerjakan soal dengan baik 100%, 9) Siswa yang antusias dengan pelajaran Matematika 96,77%. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penerapan metode pembelajaran berbasis Joyful Learning dalam pembelajaran Matematika dapat meningkatkan motivasi belajar siswa sehingga berdampak pada peningkatan hasil belajar.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | joyful learning, motivasi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 26 Jul 2012 10:04 |
Last Modified: | 26 Jul 2012 10:04 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/19328 |
Actions (login required)
View Item |