Peningkatan Hasil Belajar IPA Melalui Penerapan Metode Eksperimen Pada Siswa Kelas IV SD N III Tawangrejo, Jatipurno, Wonogiri Tahun Ajaran 2011/2012

Prasetyo, Hanung Iqbal (2012) Peningkatan Hasil Belajar IPA Melalui Penerapan Metode Eksperimen Pada Siswa Kelas IV SD N III Tawangrejo, Jatipurno, Wonogiri Tahun Ajaran 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
Halaman_Depan.pdf

Download (679kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (25kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (246kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (273kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (442kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (86kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
Daftar_Pustaka.pdf

Download (55kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
Publikasi.pdf

Download (173kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan peningkatan hasil belajar IPA menggunakan metode eksperimen. Jenis penelitian ini adalah PTK (Penelitian Tindakan Kelas). Lokasi penilitian ini di SD Negeri III Tawangrejo Kecamatan Jatipurno Kabupaten Wonogiri. Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas IV SD N III Tawangrejo yang berjumlah 20 siswa, terdiri dari 8 siswa laki-laki dan 12 siswa perempuan, dan subjek pelaksanaan tindakan adalah peneliti. Metode pengumpulan data adalah tes, dokumentasi, observasi dan wawancara. Teknik analisis data dilakukan secara analisis interaktif dengan langkah – langkah : reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah adanya peningkatan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA pada materi gaya pada siklus I dan energi pada siklus II. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan persentase hasil belajar siswa dari prasiklus sampai siklus dua. Sebelum dilaksanakan tindakan terdapat 35 % siswa yang mencapai KKM dan pada akhir siklus II mencapai 85 % siswa yang mencapai KKM. Dengan demikian terjadi peningkatan hasil belajar IPA dengan penerapan metode eksperimen dari siklus I ke siklus II. Kesimpulan penelitian ini adalah dengan menerapakan metode eksperimen dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas IV SD Negeri III Tawangrejo Kecamatan Jatipurno Kabupaten Wonogiri Tahun Ajaran 2011/2012

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: hasil belajar, metode eksperimen
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mulyadi Mulyadi
Date Deposited: 26 Jul 2012 07:17
Last Modified: 26 Jul 2012 07:17
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/19323

Actions (login required)

View Item View Item