Neni Fajar Utami, Neni Fajar Utami (2012) Peningkatan Kemampuan Menyelesaikan Soal Cerita Pecahan Matematika Melalui Pendekatan Realistic Mathematic Education (RME) Siswa Kelas IV SD Negeri 03 Dalangan Sukoharjo Tahun Ajaran 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
02._HALAMAN_DEPAN.pdf Download (178kB) |
|
|
PDF (Bab I)
03._BAB_I.pdf Download (97kB) |
|
PDF (Bab II)
04._BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (235kB) |
||
PDF (Bab III)
05._BAB_III.pdf Restricted to Registered users only Download (144kB) |
||
PDF (Bab IV)
06._BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (309kB) |
||
PDF (Bab V)
07._BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (93kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (125kB) |
|
PDF (Lampiran)
09._LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
11._NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (173kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal cerita pecahan matematika dengan pendekatan Realistic Mathematic Education. Dalam penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Lokasi penelitian ini di SD Negeri 03 Dalangan Sukoharjo. Sebagai subjek penerima tindakan adalah siswa kelas IV yang berjumlah 12 siswa, terdiri dari 9 siswa laki-laki dan 3 siswa perempuan, dan subjek pelaksanaan tindakan adalah peneliti yang bertindak sebagai guru kelas IV. Sebagai objek penelitian adalah peningkatan kemampuan menyelesaikan soal cerita pecahan matematika dengan pendekatan Realistic Mathematic Education. Metode pengumpulan data adalah Tes, Observasi, Dokumentasi, Wawancara. Untuk menjamin validitas data digunakan teknik triangulasi sumber, yaitu mencocokkan data kemampuan menyelesaikan soal cerita pecahan dengan hasil pengamatan langsung terhadap aktivitas belajar siswa. Tehnik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah adanya peningkatan kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal cerita pecaha dengan pendekatan Realistic Mathematic Education. Hal ini dapat dilihat pada pra siklus rata-rata kelas 58,33 siswa yang mencapai KKM (65) sebanyak 33,33% (4 siswa); pada siklus I meningkat nilai rata-rata kelas menjadi 69 siswa yang mencapai KKM (65) sebanyak 58,33% (7 siswa); pada siklus II meningkat nilai rata-rata kelas menjadi 73,8 siswa yang mencapai KKM (65) sebanyak 83,33% (10 siswa). Kesimpulan penelitian ini adalah dengan menerapkan pendekatan Realistic Mathematic Education dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 03 Dalangan Sukoharjo Tahun Ajaran 2011/2012
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | kemampuan menyelesaikan soal cerita pecahan, pendekatan realistic mathematic education. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mulyadi Mulyadi |
Date Deposited: | 26 Jul 2012 05:01 |
Last Modified: | 26 Jul 2012 05:55 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/19316 |
Actions (login required)
View Item |