Hanif, An Ni‟am (2012) Peningkatan Hasil Belajar Biologi pada Materi Ekosistem Melalui Strategi Pembelajaran Make A Match pada Siswa Kelas VII A SMP Muhammadiyah 10 Surakarta Tahun Pelajaran 2011/2012”. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
02._HALAMAN_DEPAN.pdf Download (396kB) |
|
|
PDF (Bab I)
03._BAB_I.pdf Download (160kB) |
|
PDF (Bab II)
04._BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (188kB) |
||
PDF (Bab III)
05._BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (102kB) |
||
PDF (Bab IV)
06._BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (533kB) |
||
PDF (Bab V)
07._BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (266kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
08._Daftar_Pustaka.pdf Download (305kB) |
|
PDF (Lampiran)
09._Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
11._Naskah_Publikasi.pdf Download (980kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kondisi pembelajaran kelas VII A SMP Muhammadiyah 10 Surakarta yang terdapat kelemahan, antara lain: partisipasi siswa masih rendah, siswa ramai dan tidak aktif, pembelajaran masih berpusat pada guru, hal ini yang mengakibatkan hasil belajar rendah. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada aspek kognitif maupun aspek afektif pada materi ekosistem kelas VII A SMP Muhammadiyah 10 Surakarta tahun pelajaran 2011/2012 dengan menerapkan strategi pembelajaran Make A Match. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan (tindakan), observasi dan refleksi yang terlaksana sebanyak 2 siklus. Analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan 3 langkah, yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan data. Sumber data diperoleh dari hasil belajar siswa (aspek kognitif) mata pelajaran Biologi dan pengamatan sikap siswa selama proses pembelajaran berlangsung (aspek afektif) antara peneliti dan kolaborator. Penelitian ini diawali menyampaikan materi dengan strategi pembelajaran Make A Match yang diakhiri kesimpulan dan pelaksanaan post-test setiap siklusnya. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar disetiap siklus. Banyaknya siswa yang tuntas KKM (> 65) sebelum tindakan sebanyak 12 siswa (42,86%), siklus I meningkat menjadi 20 siswa (71,43%) dan pada sikus II sebesar 27 siswa (90,63%). Nilai rata-rata kelas sebelum tindakan 58,21 meningkat pada siklus I yaitu 73,5 dan pada siklus II menjadi 83,6. Rata-rata hasil belajar siswa aspek afektif dari penskoran indikator, skor nilai pada siklus I adalah 16,82 dengan kriteria cukup berminat, dan meningkat menjadi kriteria berminat pada siklus II dengan skor nilai 20,18. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi pembelajaran Make A Match dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada aspek kognitif dan afektif pada materi ekosistem kelas VII A SMP Muhammadiyah 10 Surakarta tahun pelajaran 2011/2012.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Make A Match, ekosistem, Hasil belajar kognitif, afektif,. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mulyadi Mulyadi |
Date Deposited: | 25 Jul 2012 09:09 |
Last Modified: | 25 Jul 2012 09:09 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/19307 |
Actions (login required)
View Item |