Ariyanti, Novi (2012) Penerapan Pembelajaran Class Concern Dengan Pendekatan Ketrampilan Proses Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Biologi Materi Sistem Indra Pada Manusia Semester II Kelas XI IPA SMA PGRI 2 Kajen Kabupaten Pekalongan Tahun Ajaran 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
2._HALAMAN_DEPAN.pdf Download (451kB) |
|
|
PDF (Bab I)
3._BAB_I.pdf Download (79kB) |
|
PDF (Bab II)
4._BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (90kB) |
||
PDF (Bab III)
5._BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (48kB) |
||
PDF (Bab IV)
6._BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (106kB) |
||
PDF (Bab V)
7._BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (9kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
8._DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (32kB) |
|
PDF (Lampiran)
9._LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
11._NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (152kB) |
Abstract
Guru dalam kegiatan praktikum saat pembelajaran biologi hanya memberikan langkah-langkah kerja dan siswa disuruh menjawab pertanyaan yang sudah disiapkan oleh guru. Siswa jarang diberi kesempatan untuk bertanya, guru terkesan mendominasi proses pembelajaran. Akibatnya, kegiatan pembelajaran biologi dalam praktikum kurang maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa biologi materi sistem indra pada siswa kelas XI IPA SMA PGRI 2 Kajen Kabupaten Pekalongan tahun ajaran 2011/2012 menggunakan pembelajaran class concern dengan pendekatan ketrampilan proses. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) menggunakan analisis deskriptif untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa biologi. Subyek penelitian yaitu siswa kelas XI IPA SMA PGRI 2 Kajen Kabupaten Pekalongan tahun ajaran 2011/2012. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi, observasi, dan wawancara. Analisis data menggunakan deskriptif kualitatif. Kesimpulan yang diperoleh dalam penelitian ini membuktikan bahwa pembelajaran class concern dengan pendekatan ketrampilan proses mampu meningkatkan hasil belajar siswa biologi materi sistem indra manusia pada siswa kelas XI IPA SMA PGRI 2 Kajen Kabupaten Pekalongan tahun ajaran 2011/2012.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | ketrampilan proses, class concern, hasil belajar siswa |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mulyadi Mulyadi |
Date Deposited: | 25 Jul 2012 06:03 |
Last Modified: | 25 Jul 2012 06:03 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/19295 |
Actions (login required)
View Item |