Pratiwi, Endah (2012) Optimalisasi Pembelajaran Matematika Melalui Strategi Treffinger Untuk Meningkatkan Kemandirian Siswa (PTK Siswa Kelas VII di SMP Muhammadiyah 7 Surakarta). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
02._HALAMAN_DEPAN.pdf Download (2MB) |
|
|
PDF (Bab I)
03._BAB_1.pdf Download (26kB) |
|
PDF (Bab II)
04._BAB_2.pdf Restricted to Repository staff only Download (52kB) |
||
PDF (Bab III)
05._BAB_3.pdf Restricted to Repository staff only Download (64kB) |
||
PDF (Bab IV)
06._BAB_4.pdf Restricted to Repository staff only Download (94kB) |
||
PDF (Bab V)
07._BAB_5.pdf Restricted to Repository staff only Download (22kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (14kB) |
|
PDF (Lampiran)
09._LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (21MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
11._NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan mendiskripsikan peningkatan kemandirian belajar matematika siswa dengan strategi Treffinger. Jenis penelitian Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subyek penelitian yang dikenai tindakan adalah siswa kelas VII C SMP Muhammadiyah 7 Surakarta, yang berjumlah 28 anak. Metode pengumpulan data melalui metode observasi, catatan lapangan, dokumentasi, dan wawancara. Teknik analisis data secara deskriptif kualitatif melalui tiga alur. Keabsahan data dilakukan dengan observasi terus menerus dan triangulasi data. Hasil penelitan adalah adanya peningkatan kemandirian dapat dilihat dari meningkatnya indikator kemandirian yang meliputi mampu menyelesaikan tugas dan tanggung jawab sebelum tindakan 17,85 % dan di akhir tindakan 85,71 %, mampu mengatasi masalah sebelum tindakan 10,71 % dan sesudah tindakan 78,57 %, percaya pada kemampuan diri sendiri sebelum tindakan 17,85 % dan setelah tindakan 78,57 %, dan mampu mengatur diri sendiri sebelum tindakan 21,42 % dan setelah tindakan 89,29 %. Kesimpulan yang dapat diambil dari penelitian ini adalah penerapan strategi Treffinger dalam pembelajaran matematika dapat meningkatkan kemandirian siswa.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Treffinger, pembelajaran matematika, kemandirian. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 25 Jul 2012 05:50 |
Last Modified: | 25 Jul 2012 05:50 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/19294 |
Actions (login required)
View Item |