Optimalisasi Pembelajaran Matematika Melalui Strategi Treffinger Untuk Meningkatkan Kemandirian Siswa (PTK Siswa Kelas VII di SMP Muhammadiyah 7 Surakarta)

Pratiwi, Endah (2012) Optimalisasi Pembelajaran Matematika Melalui Strategi Treffinger Untuk Meningkatkan Kemandirian Siswa (PTK Siswa Kelas VII di SMP Muhammadiyah 7 Surakarta). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
02._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (2MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
03._BAB_1.pdf

Download (26kB)
[img] PDF (Bab II)
04._BAB_2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (52kB)
[img] PDF (Bab III)
05._BAB_3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (64kB)
[img] PDF (Bab IV)
06._BAB_4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (94kB)
[img] PDF (Bab V)
07._BAB_5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (22kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (14kB)
[img] PDF (Lampiran)
09._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (21MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
11._NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendiskripsikan peningkatan kemandirian belajar matematika siswa dengan strategi Treffinger. Jenis penelitian Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subyek penelitian yang dikenai tindakan adalah siswa kelas VII C SMP Muhammadiyah 7 Surakarta, yang berjumlah 28 anak. Metode pengumpulan data melalui metode observasi, catatan lapangan, dokumentasi, dan wawancara. Teknik analisis data secara deskriptif kualitatif melalui tiga alur. Keabsahan data dilakukan dengan observasi terus menerus dan triangulasi data. Hasil penelitan adalah adanya peningkatan kemandirian dapat dilihat dari meningkatnya indikator kemandirian yang meliputi mampu menyelesaikan tugas dan tanggung jawab sebelum tindakan 17,85 % dan di akhir tindakan 85,71 %, mampu mengatasi masalah sebelum tindakan 10,71 % dan sesudah tindakan 78,57 %, percaya pada kemampuan diri sendiri sebelum tindakan 17,85 % dan setelah tindakan 78,57 %, dan mampu mengatur diri sendiri sebelum tindakan 21,42 % dan setelah tindakan 89,29 %. Kesimpulan yang dapat diambil dari penelitian ini adalah penerapan strategi Treffinger dalam pembelajaran matematika dapat meningkatkan kemandirian siswa.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Treffinger, pembelajaran matematika, kemandirian.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 25 Jul 2012 05:50
Last Modified: 25 Jul 2012 05:50
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/19294

Actions (login required)

View Item View Item