Mulyati, Mulyati (2012) Implementasi Model Pembelajaran Eliciting Activities Dengan Mengoptimalkan Media Worksheet Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar Persegi Dan Persegi Panjang (PTK di Kelas VII Semester II SMP Negeri 2 Gatak Tahun Ajaran 2011/2012). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
2._Halaman_Depan.pdf Download (583kB) |
|
|
PDF (Bab I)
3._BAB_I.pdf Download (141kB) |
|
PDF (Bab II)
4._BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (166kB) |
||
PDF (Bab III)
5._BAB_III.pdf Restricted to Registered users only Download (91kB) |
||
PDF (Bab IV)
6._BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (205kB) |
||
PDF (Bab V)
7._BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (21kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
8._DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (75kB) |
|
PDF (Lampiran)
9._Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
11._NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (257kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar matematika siswa melalui penerapan model pembelajaran Eliciting Activities dengan mengoptimalkan media worksheet. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, yang dilaksanakan dalam tiga siklus. Subjek penelitian ini adalah guru matematika kelas VII A SMP Negeri 2 Gatak sebagai pemberi tindakan, serta siswa-siswa kelas VII A yang berjumlah 39 siswa sebagai subjek penerima tindakan. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah observasi, tes, catatan lapangan, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan metode alur yaitu data dianalisis sejak tindakan pembelajaran dilaksanakan dan dikembangkan selama proses pembelajaran. Beberapa hal yang dapat disimpulkan dari penelitian tindakan kelas ini adalah: 1) Adanya peningkatan keaktifan siswa,dengan indikator keaktifan yaitu; (a) mengemukakan ide dalam pembelajaran, meningkat dari 17,95% menjadi 64,10%. (b) Adanya peningkatan aktifitas siswa dalam mengajukan dan menjawab pertanyaan, meningkat dari 25,64% menjadi 61,54%. (c) Adanya peningkatan siswa yang mengerjakan soal di depan kelas, meningkat dari 23,08% menjadi 74,36%. 2) terjadi peningkatan hasil belajar siswa, meningkat dari 43,59% menjadi 76,92%. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Eliciting Activities dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Keaktifan, Hasil Belajar, Pembelajaran Matematika, Media Worksheet, Model Eliciting Activities. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 24 Jul 2012 11:27 |
Last Modified: | 24 Jul 2012 11:27 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/19291 |
Actions (login required)
View Item |