Nur Aini, Umi Haniah (2012) Faktor Kendala Sekolah Yang Akan Menerapkan E-Learning Pada Pembelajaran Matematika (Studi Kasus di MTs Negeri Pakem, Sleman, Yogyakarta). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (639kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (170kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (266kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III_.pdf Restricted to Repository staff only Download (299kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (996kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (236kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (217kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
naskah_publikasi.pdf Download (383kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: mengkaji dan memaparkan faktor kendala sekolah yang akan menerapkan e-learning pada pembelajaran matematika yang dilaksanakan di MTs Negeri Pakem ditinjau dari faktor Sumber Daya Manusia (SDM) dan faktor sarana dan prasarana. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan informan adalah guru dan siswa MTs Negeri Pakem. Metode pengumpulan data melalui metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan tahapan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Keabsahan data digunakan teknik triangulasi. Hasil dari penelitian ini adalah: (1) faktor kendala dari sumber daya manusia (SDM) yang di alami oleh MTs Negeri Pakem untuk menerapkan e-learning pada pembelajaran matematika adalah kurangnya kemampuan SDM tersebut yakni guru matematika dan siswa dalam memahami hal-hal yang harus dikuasai untuk penerapan e-learning, seperti mengakses internet dan penggunaan website atau blog. (2) faktor kendala dari sarana dan prasarana yang di alami oleh MTs Negeri Pakem untuk menerapkan e-learning pada pembelajaran matematika adalah minimnya jumlah sarana dan prasarana tersebut yang seharusanya sangat dibutuhkan untuk penerapan e-learning. Misalnya tidak adanya ruang multimedia, minimnya jumlah komputer di laboratorium TIK, dan tidak adanya piranti elektronik serta akses internet di ruang kelas.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kendala e-learning, pembelajaran matematika, sumber daya manusia, sarana dan prasarana |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 24 Jul 2012 10:43 |
Last Modified: | 24 Jul 2012 10:43 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/19290 |
Actions (login required)
View Item |