Upaya Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar PKn Melalui Pembelajaran Studi Kasus Pada Siswa Kelas VA SD Negeri Pucangan 03 Kartasura Tahun Pelajaran 2011/2012

Susila Pratiwi, Susila Pratiwi (2012) Upaya Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar PKn Melalui Pembelajaran Studi Kasus Pada Siswa Kelas VA SD Negeri Pucangan 03 Kartasura Tahun Pelajaran 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
02._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (289kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
03._BAB_I.pdf

Download (29kB)
[img] PDF (Bab II)
04._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (62kB)
[img] PDF (Bab III)
05._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (45kB)
[img] PDF (Bab IV)
06._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (163kB)
[img] PDF (Bab V)
07._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (15kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (12kB)
[img] PDF (Lampiran)
09._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
11._NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (194kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar dan motivasi PKn dengan penerapan pembelajaran Studi Kasus pada siswa kelas VA SD Negeri Pucangan 03 Kecamatan Kartasura Kabupaten Sukoharjo tahun ajaran 2011/2012. Jenis penelitian ini adalah PTK (Penelitian Tindakan Kelas) yang terdiri atas perencanaan, tindakan, observasi, refleksi, dan evaluasi dengan pembelajaran Studi Kasus yang dilakukan dalam dua siklus. Subyek penelitian yang dikenai tindakan adalah siswa kelas VA SD Negeri Pucangan 03 yang berjumlah 41 siswa. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan analisis data model analisis interaktif, yang terdiri dari: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa dalam pembelajaran PKn. Hal ini dapat dilihat dari hasil post test yang dilakukan di akhir proses pembelajaran dan menunjukkan adanya peningkatan hasi belajar PKn siswa kelas VA. Sebelum diberikan tindakan penelitian, hasil belajar siswa yang mencapai nilai KKM (≥70) hanya 29,26%, setelah dilakukan siklus I meningkat menjadi 58,53%, dan pada siklus II meningkat menjadi 68,29%. Analisis peningkatan motivasi siswa dinilai dari intensitas siswa dalam bertanya, berpendapat, menjawab soal, berdiskusi kelompok dan mengerjakan soal mandiri. Sedangkan hasil refleksi guru peneliti mengalami peningkatan kualitas, dari siklus I masih banyak yang harus di evaluasi. Pada ssat siklus II dari hasil refleksi mengalami peningkatan kualitas pengajaran dengan tidak adanya aspek yang harus dievaluasi. Berdasarkan hasil penelitian tersebut disimpulkan bahwa pembelajaran dengan penerapan pembelajaran Stusi Kasus dapat meningkatkan hasil belajar dan motivasi belajar PKn pada siswa kelas VA SD Negeri Pucangan 03 Kecamatan Kartasura Kabupaten Sukoharjo tahun ajaran 2011/2012.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: hasil belajar,motivasi,pembelajaran Studi Kasus
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mulyadi Mulyadi
Date Deposited: 24 Jul 2012 09:10
Last Modified: 24 Jul 2012 09:10
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/19286

Actions (login required)

View Item View Item